Hitung Biaya Perawatan Kia Sonet dan Hyundai Creta Selama 5 Tahun

Kompas.com - 11/04/2022, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas tentang desain, interior, dan performa mesin antara Kia Sonet dan Hyundai Creta. Kini saatnya tim redaksi membandingkan soal biaya perawatan atau kepemilikan.

Pasalnya, cost of ownership merupakan salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kendaraan bermotor, khususnya mobil.

Sebab, itungan tersebut akan menjadi biaya wajib yang harus dikeluarkan setiap periode agar kendaraan selalu dalam kondisi optimal saat ingin digunakan sambil menjaga asuransi pabrikan.

Maka dari itu, tim redaksi sudah menyiapkan biaya besaran servis berkala kedua mobil tersebut, dengan patokkan penggunaan 5 tahun. Berikut hitungannya.

Baca juga: Komparasi Fitur Duo Korsel, Hyundai Creta dan Kia Sonet

Dari data yang redaksi dapatkan, biaya perawatan Kia Sonet varian tertinggi yang pernah redaksi gunakan, yakni Premiere iVT, sampai dengan 50.000 km atau biasa setara 3-4 tahun pemakaian, totalnya mencapai Rp 5.130.200.

Jumlah tersebut dengan catatan biaya gratis sampai dengan 50.000 km. Sementara untuk rincian perawatannya, pada servis 10.000 konsumen dikenakan biaya sebesar Rp 778.800 untuk pergantian oli mesin, oli filter, serta gasket oil drain plug.

Review KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnyaKompas.com / Setyo Adi Review KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnya

Servis berikutnya di 20.000 km biaya naik menjadi Rp 1.309.300 dengan adanya dua item tambahan, yakni filter AC dan udara. Pada servis berkala 30.000 km, biayanya sama seperti di 10.000, termasuk pada 50.000 km.

Namun, untuk perawatan berkala di 40.000 km, biayanya menjadi lebih mahal, yakni Rp 1.484.500 karena adanya pergantian cairan pengereman serta filter AC dan udara.

Menuju pemakaian 100.000 km, mulai dari perawatan berkala di 60.000 km konsumen sudah dikenakan biaya jasa dari bengkel setiap melakukan servis rutin.

Otomatis hal ini membuat ongkosnya lebih mahal dibandingkan 0-50.000 km sebelumnya.

Review KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnyaKompas.com / Setyo Adi Review KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.