Kompas.com - 05/04/2022, 18:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Yamaha Motor akan memulai penjualan dengan skema sewa di Jepang pada bulan Juli 2022 sebagai percobaan demonstrasi untuk motor listrik E01.

Seperti diketahui, E01 telah mendapat perhatian yang cukup masif dari konsumen. Paling baru, motor ini dipajang di IIMS 2022 usai melantai di Bangkok dan Tokyo beberapa waktu lalu.

Dilansir dari laman Response (5/4/2022), konsumen yang tertarik dengan motor listrik bisa melakukan permintaan untuk sewa yang akan diterima pada 9-22 Mei 2022.

Baca juga: Motor Listrik Yamaha E01 Tebar Pesona, Ini Kata Honda

Yamaha menyiapkan sekitar 100 unit motor listrik E01 yang bisa disewa selama 3 bulan, dengan biaya bulanan sekitar 200.000 yen atau setara Rp 2,3 jutaan.

"Pada motor bermesin konvensional, skuter dengan kapasitas kecil memiliki getaran yang kuat, dan menyebabkan kelelahan,” ujar Takuya Maruo dari Yamaha Motor Development Department, selaku pengembang E01, disitat dari Response.

“Komuter ingin pergi bekerja atau sekolah tanpa lelah dan kembali dengan mudah. EV yang senyap dan minim getaran sangat cocok untuk komuter,” kata dia.

Baca juga: Kejadian Lagi, Truk Mundur Tanpa Terkendali

Kehadiran E01 diharapkan dapat menjadi pilihan buat para pekerja yang melakukan perjalanan dengan jarak menengah setiap hari.

Melalui eksperimen demonstrasi ini, Yamaha sekaligus mencari metode pengisian daya yang optimal untuk EV.

Dengan baterai lithium-ion berkapasitas 4,9 kWh, motor ini diklaim bisa menempuh jarak 104 km dalam sekali pengisian hingga penuh.

Baca juga: Spesifikasi FIN Komodo Patroli yang Dibeli Bamsoet di IIMS 2022

Dari segi desain skuter listrik Yamaha E01 ini banyak mengadopsi komponen sama dari NMax.KOMPAS.com/Dio Dari segi desain skuter listrik Yamaha E01 ini banyak mengadopsi komponen sama dari NMax.

Untuk isi ulang, ada tiga jenis metode pengisian daya, dan dimungkinkan untuk mengisi penuh dalam waktu sekitar 1 jam untuk pengisian cepat. Sementara pada mode normal sekitar 5 jam, dan sekitar 14 jam untuk pengisian portabel.

Bicara soal fitur, E01 memiliki sistem kontrol traksi yang mendukung start yang mulus dan penerapan pengereman regenerative. Motor ini juga memiliki fungsi gigi mundur, yang akan melaju 1 kpj ketika mundur.

Mengenai dimensinya, motor ini memiliki panjang total 1930 mm x lebar 740 mm x tinggi 1230 mm, serta jarak sumbu roda 1380 mm, yang hampir sama dengan skutik Yamaha NMAX.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.