Toyota Ikuti Ajang Balap Pakai Mobil Rendah Emisi dan Hidrogen

Kompas.com - 05/04/2022, 17:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) menerjunkan kendaraan berbahan bakar hidrogen dan karbon netral (carbon-neutral fuel) dalam ajang balap, yakni Japanese ENEOS Super Taikyu Series 2022.

CEO Toyota Akio Toyoda dalam konferensi pers-nya menyatakan, ada tiga mobil yang diterjunkan. Dua menggunakan bahan bakar hindrogen melalui model Corolla, dan satu mobil dengan karbon netral lewat GR86.

"Super Taikyu ialah balap ketahanan profesional, baik dari sisi pengemudi sampai mekaniknya. Beragam aspek kita sesuaikan, menunjukkan kultur (pengembangan) sektor otomotif Jepang," katanya dalam siaran YouTube, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: Imbas Tarif PPN 11 Persen, Honda Kerek Harga BR-V

Press Conference ENEOS Super Taikyu Series 2022, Jumat (1/4/2022)dok.TMC Press Conference ENEOS Super Taikyu Series 2022, Jumat (1/4/2022)

"Kami ingin membuat balapan ini sangat menyenangkan bagi pengemudi, yang membuat mobil, sampai penonton," lanjut Akio.

Pada seri pertama ENEOS Super Taikyu Series 2022 Powered by Hankook, Toyota GR86 CBF Concept mampu finis di urutan kedua pada Suzuka 5-Hour atau balap ketahanan selama lima jam.

Sementara untuk mobil berbahan bakar hidrogen, Corolla dari tim ROOKIE Racing, akan berkompetisi satu musim penuh. Tahun lalu, hanya turun di empat seri saja.

Berdasarkan penilaian Toyota, performa kedua mesin tersebut meningkat menjadi setara dengan mesin bensin. Rinciannya, tenaga yang dihasilkan naik 24 persen sementara torsinya naik 33 persen.

Baca juga: Mengendarai Mobil Pakai Roof Box Untuk Mudik Wajib Ekstra Hati-hati

Tampilan Subaru BRZ terbaru.https://media.subaru.com/ Tampilan Subaru BRZ terbaru.

Namun jarak tempuh dan waktu pengisian bahan bakar masih menjadi isu utama, apalagi saat dilakukan balap ketahanan. Masalah terkait diklaim akan diatasi pada tahun ini.

Dalam perkembangannya saat ini, disebutkan bahwa jarak tempuh mobil hidrogen mampu meningkat 20 persen dari balapan sebelumnya dengan mengontrol injeksi bahan bakar secara tepat.

Sementara untuk waktu pengisian bahan bakar, pada kasus GR86 CNF Concept yang menggunakan mesin turbocharge 1.4L hasil pengembangan mesin GR Yaris, disebut sudah berkurang dari 2 menit menjadi 1,5 menit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.