Kompas.com - 04/04/2022, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelangkaan komponen cip semikonduktor yang terjadi secara global ikut berdampak pada produksi Honda di Indonesia. Kondisi ini pun menyebabkan terganggunya pasokan mobil untuk konsumen.

Salah satunya produksi Honda Brio yang ikut tersendat di tengah tingginya permintaan konsumen. Pasalnya, mobil ini masuk ke dalam kategori yang menerima diskon PPnBM.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan, hingga saat ini produksi di pabrik Honda masih belum pulih 100 persen.

Baca juga: Jawaban Honda Soal SUV RS Concept

Namun, dengan nilai investasi yang disiapkan Honda sebesar Rp 5,1 triliun hingga tahun 2025, menimbulkan isu bahwa parbikan asal Jepang ini bakal melokasikan produksi cip semikonduktor di Tanah Air.

Honda Brio IIMS 2022Kompas.com/ApridaMegaNanda Honda Brio IIMS 2022

“Investasi itu saat ini dialokasikan untuk pengembangan model dan local content atau local purchase. Menyoal lokalisasi chip semikonduktor kita akan monitor terus kemungkinannya," ucap Billy di IIMS 2022, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: Selisih Rp 100 Juta, Apa Perbedaan Honda HR-V Turbo RS dan SE?

Untuk lokalisasi yang dimaksud adalah pengembangan pada Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang memang sudah menjadi keharusan. Mengingat pada bebera model yang sudah dipasarkan saat ini, masih ada komponen yang bisa dilokalkan.

"Saat ini HR-V lebih dari 80 persen local purchase-nya mengikuti aturan kementerian terkait. BR-V juga 80-82 persen local purchase-nya," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.