Modifikasi Nissan Navara jadi Motorhome, Siap Jelajah Hutan

Kompas.com - 03/04/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, bukan cuma pabrikan otomotif saja yang hadir, tapi juga karoseri interior seperti Baze.

Karoseri interior yang bermarkas di Karanggan, Bogor ini turut hadir di IIMS 2022, tepatnya di Prefunction Hall D dengan membawa dua produk, yakni Motorhome dengan basis Toyota Hiace dan Nissan Navara.

Untuk motorhome dengan basis Navara ini diberi nama Maha Motorhomes. Baze pun tidak sendirian ketika menggarap produk terbarunya, melainkan ada kerja sama dengan Karoseri Laksana di Ungaran.

Baca juga: Big Bus Kabin Mewah Racikan Baze, Punya Kasur Lipat

Kabin Maha Motorhomes hasil kolaborasi Baze dan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Maha Motorhomes hasil kolaborasi Baze dan Karoseri Laksana

Bari Setiadi, Direktur PT Bahana Selaras (Baze) mengatakan, permintaan pembuatan motorhome semakin meningkat, dimulai saat awal pandemi. Sebelumnya Baze pun sering membuat motorhome dengan basis Hiace.

"Dengan berbekal memiliki kemampuan membuat interior motorhome, PT bahana Selaras (Baze) yang berkolaborasi dengan CV Laksana untuk membuat rancangan sebuah masterpiece bertemakan motorhome yang kami beri nama Maha Motorhomes," ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Minggu (3/4/2022).

Kerja sama antara Baze dan Laksana ini terlihat dari produk yang dipamerkan. Untuk bagian interior, dibuat sepenuhnya oleh Baze dengan berbagai fitur, seperti ruang tamu, dapur, toilet, dan pop-up roof yang bisa dijadikan ruang tidur.

Baca juga: Update Jadwal MotoGP Argentina 2022, FP3 Dihapus

Kabin Maha Motorhomes hasil kolaborasi Baze dan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Maha Motorhomes hasil kolaborasi Baze dan Karoseri Laksana

Seperti biasanya, motorhome buatan Baze bisa dibuat jadi tiga mode, yakni Driving Mode (mode berkendara), Leisure Mode (mode bersantai), dan Sleeping Mode (mode beristirahat).

Motorhome berbasis pikap kabin ganda ini nyaman digunakan oleh empat orang. Selain kasur yang ada di bagian atap mobil (pop-up roof) sofa yang ada di living room bisa dilipat jadi kasur untuk dua orang lagi.

Sedangkan untuk bagian eksterior, sepenuhnya buatan Karoseri Laksana. Bahan yang digunakan adalah light weight fiber yang kuat serta ringan dan mampu meredam panas dengan baik.

Kabin Maha Motorhomes hasil kolaborasi Baze dan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Maha Motorhomes hasil kolaborasi Baze dan Karoseri Laksana

Ketika redaksi coba masuk ke bagian kabin, masih terasa lega walaupun disesaki dengan berbagai barang. Bahkan untuk orang dengan tinggi 177 cm, tinggi kabinnya masih cukup walaupun harus sedikit menunduk.

"Dalam pembuatan kendaraan ini, kami mengutamakan fungsi untuk kebutuhan selama berada di perjalanan. Kenyamanan dan keamanan yang kami buar dengan matang, serta estetika yang tak luput dari perhatian kami juga," kata Bari.

"Motorhome ini kami buat tentunya untuk memenuhi kebutuhan liburan anda secara private dengan jumlah penumpang yang relatif sedikit, namun tetap bisa mengeksplorasi keindahan Indonesia," ucap Bari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.