Kompas.com - 31/03/2022, 19:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akhirnya merilis motor listrik terbaru untuk pasar Indonesia, tepatnya melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022.

Walaupun masih dalam bentuk konsep, motor listrik Yamaha E01 bakal jadi kompetitor sepadan buat Honda PCX Electric.

Sebagai informasi, PCX Electric saat ini memang sudah meluncur. Namun PT Astra Honda Motor (AHM) baru sebatas menyewakan ke sejumlah perusahaan, ketimbang melepasnya ke khalayak umum.

Baca juga: Kenapa Toyota Pilih Kijang Innova Jadi Mobil Listrik?

Honda PCX Electric mulai tes uji coba layanan GoRideKOMPAS.com/Gilang Honda PCX Electric mulai tes uji coba layanan GoRide

Lantas, apakah kehadiran motor konsep Yamaha E01 bakal ikut meramaikan segmen fleet yang telah diisi PCX Electric?

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, saat ini Yamaha E01 masih sebatas motor konsep.

Motor ini juga baru diperkenalkan buat konsumen Indonesia dan belum diproduksi secara massal.

Baca juga: Motor Listrik Yamaha E01 Mejeng di IIMS 2022, Mirip Skutik NMAX

Ilustrasi Yamaha E01KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Yamaha E01

“Saat ini kami belum bisa memberikan informasi yang detail, karena ini di IIMS khusus kami mendisplay The Lattest EV yang sudah diperkenalkan di Eropa kemarin,” ujar Antonius, saat ditemui di IIMS 2022 (31/3/2022).

Sementara itu, Minoru Morimoto, Presiden Direktur dan CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengakui tren permintaan kendaraan listrik sedang berkembang di seluruh dunia.

Menurutnya, secara strategi perusahaan Yamaha telah memiliki rencana untuk memasarkan produk-produk di kategori elektrifikasi.

Baca juga: Airlangga Hartarto Langsung Jajal Toyota Innova EV Concept di IIMS 2022

Ilustrasi booth Yamaha dalam sebuah pameran otomotif.yamaha-motor.com Ilustrasi booth Yamaha dalam sebuah pameran otomotif.

“Eropa adalah negara dengan permintaan kendaraan listrik terbesar. Karena ada banyak sekali motor listrik kecil,” ujar Morimoto, pada kesempatan yang sama.

“Sekarang tren elektrifikasi tengah booming di negara-negara Asia, seperti Indonesia. Itulah mengapa kami mengenalkan motor ini,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.