Mengemudikan Mobil Sambil Main Ponsel Dianggap Biasa di Indonesia

Kompas.com - 29/03/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com—Menggunakan ponsel atau HP merupakan kegiatan yang kerap dilakukan oleh pengemudi saat melajukan mobil.

Padahal, kegiatan ini sangatlah berbahaya jika dilakukan saat melajukan mobil. Namun masih banyak yang abai dan menganggap aktivitas ini biasa saja.

Berkendara yang aman tidak hanya diperlukan keahlian dalam mengemudikan mobil. Agar tetap selamat dan aman saat berkendara, pengemudi harus mematuhi beberapa aturan yang tepat.

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan Ruang Mesin Mobil

“Sangat berbahaya, karena saat kita mengemudi sambil menggunakan HP maka konsentrasi pengemudi akan terdistraksi,” kata Director Training The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan baru-baru ini pada Kompas.com.

Anjuran tentang larangan penggunaan ponsel juga pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), tepatnya pada Pasal 106 ayat (1) yang berbunyi:

"Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi."

Aktivitas bermain game Pokemon Go sambil mengemudikan mobil sama saja menantang bahaya.www.cnet.com Aktivitas bermain game Pokemon Go sambil mengemudikan mobil sama saja menantang bahaya.

Marcell menjelaskan, apabila konsentrasi pengemudi mobil terdistraksi satu detik saja ini akan mengancam keselamatan jiwa.

Saat mobil melaju dalam kecepatan 50 Kpj, kemudian mengalihkan pandangan ke layar ponsel satu detik saja, maka itu sama dengan pengemudi tidak melihat jalan sejauh 14 meter.

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan Ruang Mesin Mobil

“Ini sangat berbahaya karena bila di depan ada bahaya dan kita tidak melihat. Maka kita tidak mampu untuk mengantisipasi kejadian yang terjadi,” ucap Marcell. 

Pengemudi mobil yang menggunakan ponsel saat berkendara tidak dapat mengantisipasi potensi tidak terduga. Pada akhirnya tidak mampu juga untuk menghindari kejadian yang fatal.

Bahkan tidak ada kesempatan untuk mencegah alami kecelakaan lalu lintas. Oleh sebab itu, sebaiknya pengemudi mobil tidak menggunakan ponsel saat berkendara.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.