Kompas.com - 28/03/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pencurian motor (curanmor) kembali marak terjadi. Pengguna sepeda motor harus lebih waspada dalam memperhatikan keamanan, salah satunya memilih lokasi parkir.

Belum lama ini polisi menangkap enam pelaku curanmor di wilayah Tangerang Selatan, dengan total motor yang disita sebanyak 19 unit sepeda motor curian.

Dikutip dari Kompas Megapolitan, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, pemilik sepeda motor yang hilang bisa mengeklaim kendaraannya selama memiliki bukti atas kepemilikan sendiri.

Baca juga: Aplikasi Khusus Pengguna Motor Honda Punya Beragam Fitur

 

Dalam menjalankan aksinya, para pelaku pencurian masih menggunakan salah satu alat yang kerap digunakan untuk membobol setang sepeda motor, yaitu kunci letter T.

Ada beberapa hal preventif yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan sepeda motor, mulai dari pemilihan lokasi parkir hingga pengamanan ekstra dengan menggunakan gembok cakram dan pengaman pada tuas rem.

Mengunci motor dengan posisi setang menghadap ke kanan dapat membuat motor lebih susah dibobol, Sebab, posisinya membuat lubang kunci jadi sedikit menutup.

"Posisi tersebut (setang ke kiri), lubang kunci tidak tertutup oleh setang. Sehingga waktu untuk membobol lubang kunci relatif lebih cepat," ujar Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere.

Ilustrasi parkir motor di bandaraDIMAS PRADOPO Ilustrasi parkir motor di bandara

Kemudian, memasang pengaman ekstra pada motor juga bisa membuat maling berpikir dua kali untuk membobol motor. Misalnya, kunci pengaman pada tuas rem. Walaupun motor tetap bisa dihidupkan, motor tidak bisa dioperasikan karena tuas gas terkunci oleh pengaman tersebut.

"Yang pasti kunci ganda lebih dianjurkan karena sudah terbukti bisa mencegah pencurian," ujar dia.

Terakhir, pemilihan lokasi parkir juga jadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Memarkirkan motor di area yang sepi atau tanpa pengawasan tentu membuat motor rawan dibobol.

"Biasanya maling akan mencari posisi yang paling mudah untuk dijangkau. Jadi kalau mau parkir, cari tempat yang mengumpat," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.