Pengangguran di Semarang Dilatih Mengemudi Secara Profesional

Kompas.com - 25/03/2022, 19:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) menggelar kelas pelatihan keterampilan bertajuk Life Skill Training Center: Kelas Mengemudi Profesional, pada 21-25 Maret 2022. Kali ini MPMX menargetkan Kota Semarang, Jawa Tengah sebagai area pelaksanannya.

Bersama dengan MPMRent, anak usaha yang bergerak di bidang jasa transportasi dan penyewaan mobil khusus korporasi, MPMX memberikan kesempatan bagi masyarakat Semarang yang berasal dari kelompok pengangguran, komunitas pengemudi non-profesional, dan pekerja sektor informal untuk mengikuti program pelatihan Life Skill Training Center: Kelas Mengemudi Profesional.

Tercatat ada 190 orang yang mendaftarkan diri dan terpilih 25 orang peserta terbaik melalui proses screening ketat dan interview online.

Pembatasan jumlah peserta juga dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama dalam mematuhi standar prokes Covid-19 selama kegiatan.

Baca juga: MPM Rent Tambah Fitur Baru, Sewa Mobil Jadi Lebih Mudah

Program CSR MPMX di SemarangDOK. MPM Program CSR MPMX di Semarang

GM Corporate Communication & Sustainability MPMX Natalia Lusnita menerangkan bahwa selama mengikuti pelatihan, peserta akan mendapatkan ilmu soft skill dan juga hard skill mengemudi professional sesuai standar yang diterapkan di MPMRent.

Para peserta juga mendapatkan pengajaran mengenai Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) yaitu misalnya bagaimana penanganan jika menemukan korban kecelakaan yang patah tulang atau korban yang tidak sadarkan diri, termasuk juga pengetahuan mengenai teknik dan proses CPR.

“Program pelatihan LSTC ini dilakukan dengan menerapkan standar dan prosedur yang berlaku di MPMRent. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman materi dari masing-masing peserta,” ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Jumat (25/3/2022).

Baca juga: Skutik Listrik Yamaha E01 Resmi Meluncur di Thailand, Berapa Harganya?

Harapannya, para peserta dapat mengaplikasikan skill dan pengetahuan yang diperoleh sehingga program ini tidak saja membantu mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas, namun juga menjadi penunjang bagi peserta untuk mendapatkan penghasilan yang lebih layak.

“Sementara di sisi bisnis, peserta pelatihan LSTC ini akan langsung menjadi mitra pengemudi MPMRent dan akan membantu operasional kantor cabang MPMRent Semarang, yang saat ini banyak melayani kebutuhan pelanggan korporasi di wilayah Jawa Tengah”, jelas Natalia.

Life Skill Training Center (LSTC) adalah salah satu program CSR unggulan MPMX yang berfokus kepada creating shared value, yakni menjembatani antara kebutuhan dan bidang expertise bisnis perusahaan dengan isu sosial yang ada di masyarakat.

Training mekanik MPMRent bersama DaihatsuDOK. MPM Training mekanik MPMRent bersama Daihatsu

Selama tahun 2015-2019 MPMX melalui anak-anak usahanya telah memberikan pelatihan SDM untuk menjadi tenaga mekanik profesional baik roda dua maupun roda empat dan dengan bekal ilmu tersebut memberi peluang untuk mereka dapat bekerja di jaringan bengkel resmi perusahaan atau mendirikan usaha bengkel sendiri.

Sejak tahun 2021, bersama dengan entitas anak MPMRent, program pelatihan LSTC menyasar kelompok masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19, pekerja sektor informal, juga komunitas pengemudi non-profesional yang selama ini belum pernah mendapatkan pelatihan teknik berkendara yang benar dan aman.

Sehingga dengan keterampilan yang dimiliki dari pelatihan, bisa membuka peluang bagi setiap peserta untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan dapat menjadi pengguna lalu lintas yang bertanggung jawab dengan senantiasa menjaga keselamatan selama berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.