Kabar Terbaru Motor Harley-Davidson Hasil Kerjasama China

Kompas.com - 23/03/2022, 17:51 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar Harley-Davidson (H-D) berkapasitas mesin kecil hasil kerjasama dengan raksasa asal China QJ Motor sudah menyebar sejak beberapa tahun lalu.

Kabar peluncuran motor yang konon dinamai 338R itu santer terdengar akan meluncur pada pada akhir 2021. Namun nyatanya sampai akhir kuartal 1 2022 hal itu belum terlihat.

Baca juga: Jajaran Moge yang Dipakai Polisi Indonesia

Mengutip Rideapart, penundaan tersebut membuat desas-desusnya jadi mengambang. Dalam laporan Motorcycle.com, jurnalis Dennis Chung berusaha untuk mencari kabar terbaru motor tersebut.

Sosok yang ditengarai sebagai H-D 338R hasil kerjasama dengan merek China.Foto: Rideapart Sosok yang ditengarai sebagai H-D 338R hasil kerjasama dengan merek China.

Dalam laporannya terdapat iformasi bahwa QJ Motor sudah mengirim VIN motor melalui dekoder kepada Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS.

Decoder VIN itu berisi informasi untuk model QJ Motor seperti sportbike SRK400 RR, serta mesin bermerek Benelli seperti naked bike TNT 600.

Meski tidak terperinci soal H-D 338 tapi mesti dimengerti bahwa semua pabrikan memiliki formula sendiri dalam menulis nomor VIN. Masing-masing karakter mewakili atribut tertentu soal motor tertentu.

Baca juga: Update Tampilan Bus Dream Coach Pandawa 87, Jadi Lebih Kalem

Sosok yang ditengarai sebagai H-D 338R hasil kerjasama dengan merek China.Foto: Rideapart Sosok yang ditengarai sebagai H-D 338R hasil kerjasama dengan merek China.

Dalam hal ini, tiga karakter pertama selalu mewakili WMI, atau Pengenal Pabrikan Dunia. Menurut Motorcycle.com, WMI adalah "kode ID standar global yang ditetapkan untuk setiap pabrikan."

Dari kode-kode itu dipastikan motor tersebut memang motor kelas menengah dengan ukuran mesin antara 351cc dan 900cc. Khususnya, mesin paralel-twin 353cc, injeksi bahan bakar, berpendingin cairan.

Adapun yang lebih menarik adalah struktur VIN dari motor baru ini tidak mengikuti struktur khas Qianjiang, melainkan milik Harley-Davidson. Artinya bisa jadi motor menggunakan nama H-D.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber rideapart


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.