Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Beli Mobil Bekas dengan Kondisi Begini

Kompas.com - 22/03/2022, 19:31 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Membeli mobil bekas kini menjadi alternatif banyak orang untuk mendapatkan kendaraan pribadi. Dengan harga yang miring, mobil bekas dengan kualitas baik kini juga banyak di jual di pasaran.

Tentunya ini menjadi tawaran yang menggiurkan bagi calon pembeli yang sejak lama ingin memiliki mobil sendiri. Akan tetapi, sebelum memutuskan membeli mobil bekas, calon pembeli harus memperhatikan banyak hal.

Baca juga: Toyota Rush Masih Terlaris Sepanjang Februari 2022

Dalam membeli mobil bekas tidak boleh asal tergiur dengan harga yang ditawarkan, namun juga keadaan dari mobil tersebut.

Karena mobil yang di jual pernah di pakai oleh pihak lain, pasti ada kendala atau alasan tersendiri mengapa mobil tersebut di jual.

Bahkan, beberapa kondisi mobil bekas disarankan untuk dihindari pembeli.

Joni Gunawan, atau yang lebih dikenal dengan Joni Lapak Mobil, salah satu pebisnis mobil bekas di WTC Mangga Dua, mengatakan mobil bekas yang pernah terendam banjir atau bekas kecelakaan harus di waspadai pembeli.

Ilustrasi pilihan mobil bekas di Suzuki Auto Value.DOK. SUZUKI Ilustrasi pilihan mobil bekas di Suzuki Auto Value.

“Menurut kita sebagai pedagang mobil bekas, pembeli harus perhatikan apakah mobil itu pernah alami banjir dan tabrakan,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Menurut Joni, calon pembeli hendaknya harus mencari tahu terlebih dahulu apakah mobil bekas tersebut pernah alami banjir atau tabrakan. Mobil bekas yang pernah alami banjir memiliki banyak permasalahan.

Kondisi mesin yang tidak stabil bahkan telah bermasalah menjadi permasalahan mobil bekas yang pernah alami banjir. Sementara itu, pada mobil bekas yang pernah alami kecelakaan pasti memiliki banyak kerusakan di interior, interior bahkan mesin.

Baca juga: Raih Posisi 5 dan 6, Suzuki Ecstar Akui Trek Sirkut Mandalika Sulit

Alhasil, jika membeli mobil bekas dengan dua kondisi ini sangatlah membuat rugi pemiliknya. Pembeli masih harus menggelontorkan dana untuk aneka perbaikan pada mobil.

Bagi calon pembeli mobil bekas, hendaknya menggali informasi dengan jelas pada penjual. Tanyakan lebih jelas mengapa mobil tersebuit di jual, apa kekurangannya, dan yang paling penting tanyakan apakah mobil pernah alami banjir atau kecelakaan.

“Jadi sebaiknya pembeli menghindari mobil bekas yang pernah alami banjir atau tabrakan,” kata Joni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.