Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Mobil Parkir di Ruang Terbuka, Apa Perlu Buka Kaca Jendela?

Kompas.com - 21/03/2022, 12:02 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat parkir mobil di area terbuka ada anggapan harus membuka sedikit kaca, karena dapat membantu melancarkan sirkulasi udara di dalam kabin.

Jika mobil diparkir di area tanpa atap atau terekspos langsung dengan sinar matahari, udara di dalam kabin akan lebih cepat panas. Tidak hanya itu, dalam jangka waktu lama interior juga bisa rusak ataupun memuai.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi menjelaskan, interior mobil cepat renggang dan memuai saat diparkir di area yang panas.

Baca juga: Sering Pakai Rem Tangan Saat Parkir, Bisa Bikin Rem Jadi Macet?

Sedikit membuka kaca jendela mobil, lanjutnya, secara teknis dapat mengurangi tekanan akibat suhu tinggi di dalam kabin mobil.

"Kalau dalam ruangan tertutup, panas dan tekanannya tinggi. Tapi kalau dia dibuka sedikit (kaca jendela mobil), dia akan berkurang," jelas Bambang pada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Namun jika dilihat dari sisi keamanan, kebiasaan ini bisa jadi membahayakan khususnya bila mobil di parkir di area yang rawan atau kurang pengawasan.

Ilustrasi parkir mobilresi.blog.realestate.com.au Ilustrasi parkir mobil

Baca juga: Sesi Pemanasan MotoGP Mandalika, Marquez Kecelakaan Fatal

Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha menjelaskan, menurunkan kaca mobil saat parkir bukan sebuah hal yang wajib dilakukan. Ia mengatakan, sirkulasi udara di dalam mobil sudah ada tanpa harus menurunkan kaca jendela.

"Menurunkan kaca mobil justru bisa jadi kontra produktif, sebab bisa jadi kemasukan benda asing atau justru memicu tindak kejahatan. Kondisi ini akan semakin parah jika mobil di garasi tanpa atap seperti car port di depan rumah," ujar Sapta.

Sapta memaparkan, alternatif lain yang bisa dilakukan adalah membuka kaca saat pengemudi sudah akan menggunakan mobil setelah parkir, kemudian menyalakan AC untuk sirkulasi udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com