Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sederhana Cegah Rem Mobil Blong

Kompas.com - 21/03/2022, 10:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Rem merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting. Jika rem tidak berfungsi dengan baik atau blong, mobil akan sulit terkendali.

Bahkan, pada beberapa kasus dari rem blong membuat mobil alami kecelakaan yang fatal.

Untuk itu, pemilik kendaraan roda empat wajib dengan rutin memastikan kondisi rem dalam keadaan prima. Perilaku ini akan meningkatkan keamanan saat berkendara sehingga berbuah keselamatan tetap terjaga.

Baca juga: Cara Mudah Cegah Tikus Gigit Kabel Kelistrikan Motor

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat rem blong pada mobil.

“Bisa karena parts yang aus seperti karet piston rem, master rem, selang rem dan lainnya yang bermasalah,” katanya pada Kompas.com baru-baru ini.

Didi menjelaskan jika rem mobil yang blong dapat diakibatkan karena kebocoran minyak rem, sehingga saat pedal rem diinjak, minyak rem tidak menekan ke kanvas rem.

Ilustrasi kampas rem mobilDok. Toyota Astra Ilustrasi kampas rem mobil

Selain itu juga kanvas rem yang tipis atau habis juga menbuat kinerja rem tidak maksimal. Dan faktor lainnya adalah timbul vapor lock atau minyak rem mendidih. Karena mendidih maka timbul uap yang membuat rem tidak vakum.

Faktor ini biasanya dipicu dari pemakaian atau performa mobil, seperti saat melewati turunan terjal atau panjang sehingga kinerja rem terlalu berat. Bahkan engine brake tidak membantu kinerja mobil, alhasil rem menjadi blong.

Baca juga: Hasil Klasemen Sementara Moto2, Vietti Tetap di Puncak

Oleh karena itu Didi menyarankan agar pemilik mobil rutin melakukan pengecekan beberapa komponen mobil yang berkaitan dengan rem. Dengan begitu faktor terjadinya rem blong bisa dicegah.

“ Cek sumber kebocoran atau kemacetan. Cek fungsi booster rem dan kanvas rem apakah masih berfungsi dengan baik,” kata Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com