Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Antigen dan PCR, Simak Harga Tiket Bus Jakarta-Surabaya

Kompas.com - 11/03/2022, 09:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama Covid-19 melanda dunia, setiap masyarakat yang akan berpergian menggunakan transportasi umum diwajibkan untuk melakukan tes antigen atau PCR.

Dengan membawa surat bukti dari tes yang menyatakan negatif, maka masyarakat diperbolehkan untuk melakukan perjalanan.

Namun, baru-baru ini ada perubahan tentang aturan perjalanan tersebut. Kini pengguna kendaraan umum dapat melakukan mobilitas tanpa antigen atau PCR tapi wajib sudah vaksin dua kali dosis atau plus booster

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Mesin Diesel Lebih Irit BBM ketimbang Bensin?

Hal tersebut diumumkan pada Surat Edaran (SE) Nomor 23 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Darat Pada Masa Pandemi Covid-19 yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. 

SE tersebut menyebutkan jika orang yang sudah divaksin dua kali atau booster, tidak harus menyertakan hasil negatif tes. Syarat tes tersebut hanya berlaku untuk orang yang baru vaksin dosis pertama.

Hal ini tentunya memudahkan masyarakat yang ingin menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) rute Jakarta- Surabaya. Hingga saat ini, bus AKAP tetap menjadi banyak pilihan masyarakat untuk melakukan perjalanan darat.

Bus AKAP PO Sinar Jaya dengan sasis Hino RN 285DOK. PT HMSI Bus AKAP PO Sinar Jaya dengan sasis Hino RN 285

Dengan harga tiket yang terjangkau, bus AKAP dapat mengantarkan penumpang sampai ke tujuan dengan berbagai fasilitas yang diberikan.

Berikut Kompas.com telah mengumpulkan beberapa operator bus dengan trayek Jakarta-Surabaya berdasarkan aplikasi pemesanan tiket online.

PO Sari Indah menawarkan harga tiket bus AKAP rute Jakarta- Surabaya Rp 210.000 untuk kelas eksekutif. Sementara itu, untuk kelas eksekutif PO Sinar Jaya membanderol tiket Rp 270.000 - Rp 280.000, untuk suite class dibanderol Rp 430.000 - Rp 450.000 dan untuk double decker Rp 280.000 – Rp 290.000.

Baca juga: Tengok Interior Hilux Terbaru, Lega dan Siap Diajak Off Road

Lalu, PO Pahala Kencana untuk kelas eksekutif yaitu Rp 280.000. PO Harapan Jaya, PO Medali Mas dan PO Kramat Djati Jakarta membanderol tiket bus AKAP kelas eksekutif  Rp 300.000. PO Handoyo untuk kelas VIP Rp 255.000, dan untuk kelas eksekutif dibanderol Rp 310.000.

PO Tiara Mas kelas eksekutif yakni Rp 250.000.Kemudian ada PO Haryanto yang membandrol harga tiket bus AKAP Jakarta- Surabaya Rp 315.000.Harga tersebut untuk bus AKAP kelas eksekutif.

Harga tiket perjalanan bus AKAP rute Jakarta- Surabaya ditawarkan oleh PO Safari Dharma Raya yang menawarkan harga Rp 330.000 untuk kelas eksekutif. Pilihan lainnya ada PO KYM Trans yang melintasi jalan tol Transjawa dengan harga Rp 290.000.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com