Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fortuner Daus Mini Pakai Lampu Strobo, Diancam Denda Rp 250.000

Kompas.com - 11/03/2022, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Aksi mobil pribadi yang memakai lampu rotator seperti kendaraan aparat kepolisian kembali terekam dan videonya viral di media sosial.

Dilansir dari Instagram @depok24jam (10/3/2022), Toyota Fortuner milik artis Daus Mini kedapatan dipasangi lampu strobo atau rotator saat melaju di Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat.

Menanggapi hal ini, Kasat Lantas Polres Metro Depok AKBP Jhoni Eka Putra mengatakan, pengemudi mobil Daus Mini ditindak karena melanggar aturan lalu lintas.

Baca juga: Lupa Bawa Dompet, Apakah Boleh Mengandalkan Foto SIM di Ponsel?

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh MEMANTAU KOTA DEPOK 24 JAM (@depok24jam)

“Iya betul (punya Daus Mini). Tapi pada malam itu dilepas saja, hanya diimbau untuk strobonya dicopot,” ujar Jhoni, kepada Kompas.com (10/3/2022).

“Jadi hanya ditegur, harusnya ditilang karena melanggar 287 ayat 4. Mobilnya enggak ditahan, tidak masuk unsur pidananya,” kata dia.

Jhoni mengatakan, rotator dan sirene hanya diperuntukkan bagi kendaraan yang mendapatkan prioritas di jalan.

Baca juga: Kesalahan Fatal Pengemudi Mobil Matik yang Bikin Transmisi Jebol

Lampu strobo yang dipasang di dasbor mobil menghadap ke depan.olxro-ring12.akamaized.net Lampu strobo yang dipasang di dasbor mobil menghadap ke depan.

Sedangkan mobil pribadi bukan termasuk kategori kendaraan yang mendapatkan prioritas di jalan.

Sebagai informasi, pasal 287 ayat 4 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) berbunyi seperti berikut:

"Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar ketentuan mengenai penggunaan atau hak utama bagi kendaraan bermotor yang menggunakan alat peringatan dengan bunyi dan sinar, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com