Daftar Harga Tiket Bus dari Jakarta ke Padang, Mulai Rp 400.000

Kompas.com - 09/03/2022, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan resmi memperbarui syarat perjalanan darat.

Aturan ini dikeluarkan lewat Surat Edaran Nomor 23 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Darat Pada Masa Pandemi Covid-19.

Pada SE tersebut tertulis syarat perjalanan bagi orang yang sudah vaksin sampai dosis kedua atau tambah booster, tidak perlu lagi menyertakan hasil negatif tes antigen maupun PCR sebagai syarat perjalanan.

Sehingga, orang jadi lebih mudah untuk bepergian, tinggal siapkan saja aplikasi PeduliLindungi sebagai cara menunjukkan kartu vaksin. Pilihan orang untuk bepergian lewat jalur darat adalah menaiki bus AKAP.

Baca juga: Ancaman Pencopet yang Sering Dialami Pengemudi dan Kru Bus

Bus AKAP PO MPMmobilkomersial.com Bus AKAP PO MPM

Bus AKAP punya tingkat kenyamanan yang semakin baik ditambah harga tiketnya yang relatif murah. Misalnya kalau mau melakukan perjalanan ke luar pulau Jawa seperti dari Jakarta ke Padang, harga tiketnya berkisar Rp 400.000 sampai Rp 500.000-an.

Kompas.com sudah mengumpulkan beberapa bus yang menawarkan armada dengan trayek tersebut. Kelas layanannya pun beragam, ada yang eksekutif non leg rest sampai ada juga yang menyediakan sandaran kaki.

Pertama ada PO NPM yang merupakan singkatan dari Naikilah Perusahaan Minang. PO asal Sumatera Barat ini menawarkan kelas Executive Plus dan Sutan Class yang posisinya lebih tinggi dan nyaman.

Baca juga: Terjerat Kasus, Ini Daftar Koleksi Supercar Crazy Rich Doni Salmanan

Untuk Executive Plus, kapasitas busnya bisa sampai 40 penumpang, dibanderol Rp 450.000. Sedangkan Sutan Class, isinya lebih sedikit yakni 30 bangku ditambah leg rest dan air purifier, harga tiketnya Rp 575.000.

Selanjutnya ada MPM yang juga merupakan singkatan dari Mutia Putri Mulia. Tersedia dua pilihan bangku di kabin bus yang berisi 33 bangku ini, yakni Executive tanpa leg rest di belakang kabin dan di bagian depan memakai leg rest.

Untuk harganya, untuk bangku tanpa leg rest, harganya Rp 400.000 sampai Rp 425.000. Sedangkan yang memakai leg rest, tarifnya jadi Rp 500.000

Bus AKAP PO NPMDOK. LAKSANABUS Bus AKAP PO NPM

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.