Baru Resmi, di Mana Saja Rute Bus Listrik Transjakarta Beroperasi?

Kompas.com - 09/03/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com— Sebagai ibu kota, lalu lintas Jakarta menjadi pusat kesibukan. Macet menjadi hal yang kerap mewarnai jalan-jalan di Jakarta.

Tidak hanya itu saja, volume kendaraan yang setiap tahunnya bertambah membuat polusi kian meningkat.

Oleh karena itu, dalam rangka permasalahan tersebut PT Transjakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meresmikan transportasi umum berupa bus Listrik.

Bus listrik tersebut dioperasikan oleh PT Mayasari Bakti, dan dihadirkan atas kerjasama antara PT Vektr Mobiliti Indonesia (VKTR) dengan BYD Auto, Tiongkok.

Baca juga: Transjakarta Resmi Operasikan 30 Unit Bus Listrik

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Lupito mengatakan, ada 30 bus listrik yang akan melayani masyarakat Jakarta mulai bulan (Maret 2022) ini.

“Dan akan dioperasikan pada empat rute,” katanya pada acara Inagurasi dan Press Conference Layanan Bus Listrik Transjakarta, Selasa (8/3/2022).

Rute tersebut yakni Bundaran Senayan- Pasar Senen, Tanah Abang- Pasar Senen, Blok M- Tanah Abang, dan Ragunan- Blok M.

peresmian bus listrik transjakarta janlika putri peresmian bus listrik transjakarta

Pada tahap awal, operasi bus listrik akan fokus pada rute non-BRT. Kemudian, untuk jam operasional bus listrik mulai pukul 06:00 - 21:00 WIB.

Syafrin juga mengatakan, secara bertahap bus listrik akan beroperasi sampai akhir tahun mencapai 100 unit sesuai dengan target pemerintah provinsi DKI jakarta.

“Jumlah tersebut akan melengkapi 10.047 bus listrik yang akan dioperasionalkan oleh Transjakarta pada tahun 2030,” imbuh Syafrin.

Keunggulan bus listrik sendiri gadang-gadang dapat berpotensi menurunkan polusi suara hingga 28 persen dibandingkan bus diesel.

Baca juga: Honda Luncurkan Motor Bergaya Klasik GB350 Terbaru

Kemudian, emisi CO2 pada gas buang bus listrik dapat berkurang hingga 50,3 persen. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan gas buang bus diesel.

Lalu level efisiensi energi pada bus listrik memiliki potensi 5 kali lebih tinggi dibandingkan pada diesel. Itu artinya, bus listrik ini lebih ramah lingkungan dan irit dalam memanfaatkan energi bumi sebagai sumber tenaga penggeraknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.