4 Pebalap Muda Indonesia di IATC 2022, Ajang Pembuka MotoGP Qatar

Kompas.com - 04/03/2022, 15:41 WIB
|


LOSAIL, KOMPAS.com - Jelang seri perdana MotoGP, ajang balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022 akan dihelat di Losail International Circuit, Qatar, (4/3/2022).

Balapan akan diikuti empat pebalap muda Indonesia binaan PT Astra Honda Motor, yaitu Veda Ega Pratama, Reykat Yusuf Fadillah, Aan Riswanto, dan Muhammad Diandra Trihardika.

Sebelumnya empat pebalap belia itu sudah menjajal Sirkuit Losail, pada sesi test pramusim Honda menggunakan NSF250R pada 25-26 Februari 2022.

Baca juga: Mobil Diesel Zaman Sekarang Pantang Minum Solar Kualitas Rendah

Veda Pratama yang baru pertama kali bersaing secara full time pada ajang ini, mampu meraih hasil yang cukup baik pada urutan ketiga dengan catatan waktu catatan waktu 2:11.340 di pre test.

Empat pebalap muda binaan Astra Honda siap berlaga di Idemitsu Asia Talent Cup 2022

 Foto: AHM Empat pebalap muda binaan Astra Honda siap berlaga di Idemitsu Asia Talent Cup 2022

Veda hanya terpaut 0.027 detik dari pebalap asal Jepang, Amon Odaki, yang mencatatkan waktu terbaik pada sesi pre-test 2 menit 11.313 detik.

“Saya sudah sangat tidak sabar menghadapi putaran 1 di Qatar. Meskipun buat saya ini pengalaman pertama kalinya di Qatar, adaptasi saya berjalan cukup baik. Semoga saya bisa meraih hasil positif pada race besok, sebagai pijakan awal kiprah saya di kejuaraan international,” ujar Veda dalam keterangan resmi, Jumat (4/3/2022).

Baca juga: Kontrak Rusia dengan Formula 1 Diputus, Tidak Ada Lagi Balapan

Senada dengan Veda, pebalap muda asal Depok, Reykat Yusuf Fadillah juga mengungkapkan betapa antusiasnya menjajal sirkuit Qatar dan akan berupaya meraih hasil terbaik.

“Saya bangga dan senang akhirnya salah satu mimpi saya bisa balap di Qatar terwujud. Hal ini akan jadi pengalaman yang sangat menarik balapan di sirkuit yang digunakan untuk ajang MotoGP. Semoga saya bisa beradaptasi dengan cepat dan meraih hasil maksimal,” ujar Reykat.

Empat pebalap muda binaan Astra Honda siap berlaga di Idemitsu Asia Talent Cup 2022

 Foto: AHM Empat pebalap muda binaan Astra Honda siap berlaga di Idemitsu Asia Talent Cup 2022

IATC 2022 dipromotori Dorna Sports, merupakan ajang bagi pebalap muda berbakat di wilayah Asia dan Oceania dalam meniti karir di ajang balap berstandar internasional.

Baca juga: Pengelolaan Limbah Baterai Kendaraan Listrik Jangan Seperti Aki Bekas

Empat pebalap alumni Astra Honda Racing School (AHRS) disiapkan untuk mewakili Indonesia, dengan usia yang masih sangat belia, antara 13-15 tahun.

Selain Indonesia, IATC 2022 diikuti oleh pebalap muda dari berbagai Negara di Asia, yaitu Australia, India, Jepang, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Untuk pelaksanaan balap, gelaran IATC dilakukan sebanyak 12 kali balapan, dimana ajang balap akan terbagi dalam enam putaran termasuk putaran final di sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.