Update Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika, Prosesnya Cukup Ribet

Kompas.com - 03/03/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengaspalan ulang Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, sudah dilakukan. Prosesnya pun tidak semudah yang dibayangkan, ada banyak tahapan yang dilakukan.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, mengatakan, proses pembenahan lintasan sudah dimulai.

Baca juga: Pengaspalan Sirkuit Mandalika Optimistis Selesai Sesuai Jadwal

"Hari ini, sudah berlangsung simulasi atau uji coba kimia pengikat dicampur dengan aspal dan kerikil. Kemudian pengaspalan akan dilakukan pada 4-8 Maret. Sementara pengecatan dilaksanakan 9 Maret," kata Priandhi, pada media briefing, Rabu (2/3/2022).

Proses pengaspalan ulang Pertamina Mandalika International Street CircuitDok. ITDC Proses pengaspalan ulang Pertamina Mandalika International Street Circuit

Priandhi menambahkan, sebelum dilakukan pengaspalan, lintasan sudah dikelupas dan dibersihkan. Tujuannya agar permukaan bersih, sehingga ketika diaspal ulang bisa merekat dan mengurangi risiko kerusakan pada masa mendatang.

"Target penyelesaian pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika akan selesai paling lambat pada 10 Maret. Tapi, kami berharap semuanya rampung sebelum target tersebut," ujar Priandhi.

Baca juga: Jadwal MotoGP Qatar 2021, Seri Perdana Sebelum GP Mandalika

Dalam prosesnya, MGPA terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak seperti Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Pembangunan Jaya, Pembangunan Perumahan, konsultan dari dalam dan luar negeri, termasuk Dorna Sports dan FIM.

Proses pengaspalan ulang Pertamina Mandalika International Street CircuitDok. ITDC Proses pengaspalan ulang Pertamina Mandalika International Street Circuit

Sehingga semua perbaikan yang dilakukan bisa berjalan baik dan rampung sebelum balapan berlangsung. Untuk diketahui, bagian yang harus diaspal ulang meliputi sebelum tikungan 17 hingga setelah tikungan 5.

Selain pengaspalan ulang, fasilitas lainnya juga turut dibenahi. Misalnya, Race Control dan bangunan-bangunan kantor operasional Grand Prix.

Selain itu, juga pengerjaan tribun penonton, seperti Hospitality Suites VIP Village, grandstand dan Royal Box untuk para penonton VIP. Semuanya ditargetkan rampung sebelum Pertamina Grand Prix of Indonesia bergulir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.