Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Sirkuit Formula E Jakarta Mencapai 28,5 Persen

Kompas.com - 24/02/2022, 16:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comFormula E Jakarta dijadwalkan bakal digelar pada 4 Juni 2022. Lokasinya pun telah ditentukan, yakni di kawasan Ancol. Sebuah sirkuit jalan raya pun dibangun di sana sejak awal Februari 2022.

Kini pengerjaan sirkuit Formula E telah memasuki hari ke-21, dari target sesuai kontrak kerja mencapai 54 hari, yang dikerjakan mulai 3 Februari 2022.

“Rencananya kami per hari ini adalah 19,69 persen, tapi saat ini mencapai 28,50 persen,” ujar Ari Wibowo, Penanggung Jawab Pembangunan Sirkuit Formula E dari PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, disitat dari Antara (24/2/2022).

Baca juga: Yamaha Beberkan Kendala Menjual Motor Listrik di Indonesia

2016/2017 FIA Formula E Championship in Monte-Carlo, Monaco, Saturday (13/5/2017). Sebastien Buemi (SUI), Renault e.Dams, Spark-Renault, Renault Z.E 16. 
Sam Bloxham/LAT/Formula E 2016/2017 FIA Formula E Championship in Monte-Carlo, Monaco, Saturday (13/5/2017). Sebastien Buemi (SUI), Renault e.Dams, Spark-Renault, Renault Z.E 16.

Menurutnya, pengerjaan lintasan ajang balap mobil listrik internasional itu dibagi dalam lima zona.

Zona yang paling menantang adalah zona lima karena merupakan bagian tanah lunak, sepanjang sekitar 1 km. Ari menambahkan, sekitar 40 persen konstruksi sirkuit berada di zona kelima itu.

“Zona lima ini paling sulit dan paling menguras energi dan konsentrasi,” kata Ari.

Baca juga: Senjata Lampu Sorot Bus DAMRI yang Bertugas di Kalimantan

Alat berat di lokasi pengerjaan pembangunan sirkuit Formula E Jakarta, Ancol Jakarta Utara, Rabu (23/2/2022)KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Alat berat di lokasi pengerjaan pembangunan sirkuit Formula E Jakarta, Ancol Jakarta Utara, Rabu (23/2/2022)

Seperti diketahui, lintasan Formula E Jakarta memiliki panjang 2,4 km dengan lebar 12 meter. Sejumlah alat berat dikerahkan untuk memadatkan tanah yang selanjutnya akan diaspal.

Rencananya, Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) memiliki 18 tikungan, dengan desain mirip kuda lumping dengan pemandangan Jakarta International Stadium (JIS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com