Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pengganti Mario Aji di Moto3-JuniorGP World Championship

Kompas.com - 24/02/2022, 14:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Honda Motor (AHM) berkomitmen terus mendukung para pebalap muda Indonesia. Musim ini ada 14 pebalap muda yang masuk dalam program pembinaan berjenjang.

General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan komitmen perusahaan dalam hal penjenjangan pembinaan balap tidak surut, meski dalam situasi pandemi.

”Kami tidak berhenti mendampingi para pebalap untuk mewujudkan mimpi pebalap muda Indonesia demi mengharumkan nama bangsa di kancah balap dunia," ujar Andy dalam keterangan resmi.

Pebalap Indonesia yang akan tampil pada FIM JuniorGP World Championship 2022, Fadillah Arbi Adhitama, saat berbicara dalam konferensi pers Astra Honda Motor (AHM), Rabu (23/2/2022) siang WIB. Tangkapan layar konferensi pers virtual Astra Honda Motor (AHM) Pebalap Indonesia yang akan tampil pada FIM JuniorGP World Championship 2022, Fadillah Arbi Adhitama, saat berbicara dalam konferensi pers Astra Honda Motor (AHM), Rabu (23/2/2022) siang WIB.

Eropa

AHM menurunkan satu pebalap AHRT di FIM JuniorGP World Championship kelas Moto3-JuniorGP World Championship yang sebelumnya FIM CEV-Moto3 Junior World Championship.

Fadillah Arbi Adhitama, pebalap 16 tahun asal Purworejo, Jawa Tengah itu siap menunjukkan kapabilitasnya, menggantikan posisi Mario Suryo Aji yang kini berlaga di balap dunia GP Moto3.

Moto3-JuniorGP World Championship merupakan gelaran balap terdekat dengan MotoGP. Beberapa juara dunia sempat bertanding di ajang bergengsi di Eropa ini, salah satunya Marc Marquez.

Arbi akan menetap di Eropa untuk mengasah kemampuannya dan fokus berlatih demi memberikan hasil terbaik. Seri pembuka ajang ini akan dilakukan di Portugal, pada Mei 2022.

Pebalap Astra Honda Racing Team, Rheza Danica Ahrens (kanan), berdiskusi dengan kru timnya setelah menyelesaikan sesi kualifikasi nomor Asia Production 250cc pada seri pertama Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017 di Sirkuit Johor, Malaysia, Sabtu (1/4/2017).PIPIT PUSPITA RINI/KOMPAS.COM Pebalap Astra Honda Racing Team, Rheza Danica Ahrens (kanan), berdiskusi dengan kru timnya setelah menyelesaikan sesi kualifikasi nomor Asia Production 250cc pada seri pertama Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017 di Sirkuit Johor, Malaysia, Sabtu (1/4/2017).

Asia

Di jenjang Asia tepatnya Thailand Talent Cup (TTC), AHM menurunkan dua pebalap yakni Chessy Meilandri dan Decksa Almer Alfarezel yang akan balapan menggunakan motor Honda NSF250R.

TTC menjadi langkah paling dasar pembinaan balap berjenjang, sebelum beranjak ke tahap berikutnya, yakni Asia Talent Cup.

Kemudian di Asia Talent Cup (ATC) 2022, AHM menurunkan empat pebalap dari tim Astra Honda Racing Team (AHRT), yaitu Veda Ega Pratama, Reykat Yusuf Fadillah, Aan Riswanto, dan Muhammad Diandra Trihardika.

Usia keempatnya masih sangat belia, antara 13-15 tahun, dan Honda yakin hal ini akan menjadi semangat baru pembinaan sejak usia dini.

Di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC), AHRT akan turun di dua kelas bergengsi, Asia Production (AP) 250, dan Supersport (SS) 600.

Rheza Danica Ahrens, Herjun Atna Firdaus, dan M Adenanta Putra siap berlaga di kelas AP250. Sedangkan di SS600 diikuti oleh Andi Farid Izdihar (Andi Gilang) dan Irfan Ardiansyah.

Delvintor Alfarizi Foto: dok.AHM Delvintor Alfarizi

Motocross

Bergeser dari aspal ke trek tanah, AHM juga melanjutkan pembinaan balap di segmen motocross bersama Delvintor Alarizi untuk berlomba di National Motocross Championship kelas MX2 dan ajang balap internasional yang mendukung pada upaya meraih mimpi tertinggi ke ajang MXGP.

Tahun ini, pebalap AHRT peraih gelar juara nasional kejurnas motocross kelas MX2 itu akan ditemani Nuzul Ramzidan, yang juga sudah mengoleksi titel juara nasional MX2 Junior.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com