Pengemudi Pemula, Jangan Menyetir Tanpa Pendamping yang Benar

Kompas.com - 24/02/2022, 10:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat baru belajar mengemudikan mobil, pengemudi pemula tidak disarankan untuk langsung mencoba mengoperasikan mobil tanpa pendampingan.

Pendamping untuk pengemudi pemula pun tidak bisa sembarang orang, misalnya orang yang bukan instruktur latihan mengemudi, yang sudah kompeten dan tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Jika didampingi dengan orang yang tidak kompeten, akan ada kemungkinan orang tersebut memberi reaksi negatif saat pengemudi pemula melakukan kesalahan. Hal ini dapat membuat pengemudi pemula kehilangan konsentrasi dan malah berakibat fatal.

Baca juga: Cara Parkir Seri Teknik Mundur untuk Pengemudi Pemula

"Kalau pendamping pun, jika memberi reaksi negatif, malah membahayakan," kata Roslianna Ginting, Training Director The Real Driving Centre (RDC) pada Kompas.com, beberapa waktu yang lalu.

Pengemudi pemula cenderung panik jika ada hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya saat mesin mobil mendadak mati di jalan. Ditambah lagi dengan tekanan dari pengguna jalan lain saat mobil terpaksa berhenti.

Roslianna memaparkan, tekanan yang dimaksud misalnya klakson dari kendaraan lain, serta omelan dan teguran dari pengguna jalan lain.

Ilustrasi kursus mengemudi.Kompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi kursus mengemudi.

Jika ditambah dengan reaksi negatif dan panik dari pendamping, hal ini bisa membuat pengemudi pemula menjadi hilang konsentrasi.

"Karena kebanyakkan orang panik saat ada masalah, apalagi ada tekanan dari luar, sehingga akhirnya lepas kendali. Kebanyakkan menjadi blank, dan melakukan kesalahan yang bisa merugikan pengguna jalan lainnya," jelas Roslianna.

Baca juga: Resmi, Ini Daftar Mobil yang Menerima Insentif PPnBM 2022

Maka dari itu, penting bagi pengemudi untuk berlatih didampingi dengan orang yang memang kompeten, sehingga tidak memicu reaksi panik dan memperparah situasi yang tidak diinginkan.

"Apabila orang tersebut (pengemudi pemula) masih panik, maka bisa beresiko membahayakan orang lain," kata Roslianna. "Jangan memaksakan diri mengemudikan kendaraan sendiri di jalan raya tanpa didampingi orang yang memiliki kemampuan di bidang tersebut."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.