Kompas.com - 23/02/2022, 18:51 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang kompetisi modifikasi Yamaha Yard Built Indonesia kembali digelar. Kali ini mengajak empat builder kenamaan dari wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Salah satu peserta Yamaha Yard Built kali ini ialah Yonatan Ricky punggawa DM Work Motorcycle. Builder asal Solo, Jawa Tengah ini mengangkat desain “Infinite Dirtbike” untuk modifikasi motor XSR 155.

Baca juga: Polisi Tegaskan Lagi Kendaraan Pelat Dewa Dilarang Pakai Strobo dan Sirine

Ricky merupakan builder keempat bengkel yang ikut Yamaha Yard Built Indonesia kali ini. Setelah Jandro dari Disaster 13 membuat chooper, Hendra dari Pap N Mam Modified yang membuat flat track, dan Wendy dari W Bike Kustom dengan konsep fun adventure.

Yonatan Ricky punggawa DM Work Motorcycle.Foto: Yamaha Yonatan Ricky punggawa DM Work Motorcycle.

Desain Ricky khas sebagai motor garuk tanah. Dia mengaku memang mengambil konsep dari dirt bike jadul era 80'an yang kemudian dikembangkan sesuai dengan pakem custom saat ini.

”Desain awalnya ini dirtbike, referensinya dari model motor cross tahun ’80-an yang era look motornya masih klasik tapi beberapa fiturnya modern. Jadi masih nyambung dengan XSR 155 yang kami ingin ambil sentuhan retronya namun memiliki fitur modern," katanya dalam rilis resmi, Rabu (23/2/2022).

Ricky mengatakan ingin tampilan motor yang simpel karena memang ditujukan untuk daily use. Sesuai target market bengkelnya yang menginginkan motor untuk aktivitas harian.

Baca juga: Ini Trik Sederhana Agar Ban Mobil Tidak Masuk Got Saat Mepet Kiri

"Jadi, lebih ditekankan pada fungsional untuk kendaraan harian dengan detail-detail rapi pada bagian motor namun dibuat tidak begitu menonjol," katanya.

"Hasilnya terlihat seperti motor keluaran pabrikan namun memiliki sentuhan berbeda," katanya.

Dalam pengaplikasian desain ada penyesuaian di bagian tangki, diperkuat model klasiknya di bodi belakang dan fender depan belakang dengan menampilkan lekukan minimalis dan bulat.

"Jadi, kami memadukan model modern dan klasik,” kata Ricky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.