Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Luar Dalam All New Honda BR-V, Sudah Tak Mirip Mobilio

Kompas.com - 18/02/2022, 19:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran All New Honda BR-V di Tanah Air memberikan kesan tersendiri bagi para pecinta kendaraan berjenis Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Ini seiring dengan perubahan signifikan yang disematkan di mobil.

Menggunakan platform baru hasil pengembangan N7X Concept, seketika karakter BR-V langsung berubah menjadi lebih kekar dan dinamis, sesuai dengan jenis atau segmennya.

Tidak seperti generasi terdahulu yang berbasis pada kendaraan keluarga dan kompak, yaitu Global Small Car Honda.

Baca juga: Penjualan SUV Murah Januari 2022, Rush dan BR-V Bersaing Ketat

All New Honda BR-VKOMPAS.com/Ruly All New Honda BR-V

Klaim tersebut bisa terlihat secara jelas ketika melihat secara rinci desain BR-V terbaru ini, khususnya pada eksterior dan interior yang lebih macho tapi juga masih elegan serta fungsional.

Lebih rinci, pada bagian depan mobil grill kini diberikan desain garis tegas dengan sentuhan krom gelap. Kemudian dipadukan dengan lampu utama LED yang runcing berserta DRL LED-nya.

Bagian bawahnya, ada tambahan rumah lampu kabut berbentuk tajam di sisi kiri dan kanan. Lampu ini sudah LED, menawarkan pencahayaan lebih baik untuk kondisi berkabut atau hujan lebat.

Ke samping, garis-garis tegas tetap disematkan pada BR-V ditambah roof rail dan body cladding di area lingkar ban. Soal pelek, desainnya pun baru dengan ukuran 17 inchi sehingga membuat ground clearance-nya jadi 220 Nm.

Baca juga: Inden All New Honda BR-V di Jabar dan Banten Capai Lebih dari 400 Unit

All New Honda BR-VKOMPAS.com/Ruly All New Honda BR-V

Sampai sini saja, BR-V terbaru benar-benar sudah tidak punya kemiripan lagi dengan Mobilio maupun Brio.

Apalagi, mobil baru ini juga sudah diaplikasikan high-tensile steel yang ditingkatkan hingga 24 persen untuk meningkatkan daya tahan bodi dan mengurangi bobot kendaraan.

Masuk ke kabin, nuansa yang ditawarkan begitu dinamis dengan balutan warna hitam tapi ada sentuhan manisnya sedikit dengan penyematan lis krom di beberapa titik dan piano black di panel tengah.

Secara umum, akomodasinya cukup lapang selayaknya mobil keluarga 7-penumpang. Tetapi, rasanya kurang mewah karena minim soft touch.

Baca juga: All New Honda BR-V Mulai Distribusi ke Medan dan Makassar

All New Honda BR-VKOMPAS.com/Ruly All New Honda BR-V

Kemudian layar sentuh tujuh inci sebagai head unit di tengah juga belum sepenuhnya touch screen, masih ada tombol-tombol kasar. Sementara pengaturan AC-nya belum terpisah antara pengemudi dan penumpang bagian depan.

Pada varian teratas, bagian lingkar kemudi ada beberapa tombol yang bisa difungsikan sebagai alat bantu pengoperasian hiburan dan fitur Honda Sensing.

Pada baris kedua, BR-V terbaru terkesan nyaman dan cukup lega. Jok yang diberikan empuk, tapi panjang untuk menahan paha kurang sehingga dalam perjalanan jauh akan terasa cukup pegal.

LSUV ini juga diberikan AC double blower dan pengisi daya untuk baris kedua. Terbaru, kehadiran sandaran tangan yang dibuka di tengah jok baris kedua menambah kenyamanan untuk perjalanan jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com