Mengenal Apa Itu Jalan Nasional di Indonesia, Panjangnya Mencapai 47.017 Km

Kompas.com - 16/02/2022, 15:41 WIB


JAKARTA,KOMPAS.com –  Jalan merupakan salah satu bagian penting dalam setiap negara. Jalan dapat menyatukan setiap wilayah daerah dan juga memperlancar akomodansi guna memperkuat roda perekonomian.

Di Indonesia sendiri, jalan dibedakan menjadi menjadi beberapa jenis. Pembagian jenis jalan ini tertuang di  Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2022 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. 

Mengacu pada Undang-undang tersebut, jalan di Indonesia terbagi menjadi jalan umum, jalan khusus dan jalan tol.

Baca juga: Petugas Gabungan Gelar Operasi Truk ODOL di Tol Tangerang-Merak

Sementara itu, menurut statusnya, jalan umum dikelompokkan ke dalam jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten, jalan kota, dan jalan desa.

Direktur Sistem Dan Strategi Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan (SSPJJ) Miftachul Munir, mengatakan jika jalan nasional dapat dikenali dari ciri-ciri pembangunannya.

“Markanya biasanya menggunakan marka kuning, itu adalah ciri-ciri jalan nasional atau jalan-jalan yang di bangun oleh APBN,” ujarnya secara virtual yang disiarkan di kanal Youtube resmi pupr_binamarga.

Pembangunan proyek peningkatan struktur Jalan Pantura Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), sepanjang enam kilometer, akhirnya tuntas.
Sigiranus Marutho Bere/Kompas.com Pembangunan proyek peningkatan struktur Jalan Pantura Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), sepanjang enam kilometer, akhirnya tuntas.

Jalan nasional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:

a. Jalan arteri dalam Sistem Jaringan Jalan primer yang menghubungkan antar pusat kegiatan nasional, antara pusat kegiatan nasional dan pusat kegiatan wilayah, dan/ atau pusat kegiatan nasional dan/ atau pusat kegiatan wilayah dengan bandar udara pengumpul dan pelabuhan utama atau pengumpul.

b. Jalan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan sistem transportasi nasional lainnya yang merupakan jalan kolektor primer 1.

c. Jalan strategis nasional dan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.