Kompas.com - 15/02/2022, 12:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki musim hujan, sepeda motor wajib mendapat perhatian lebih. Minimal pemilik harus rajin mencuci dan jangan membiarkan motor dalam keadaan kotor.

Sebab salah satu komponen motor bisa rusak jika dibiarkan terlalu lama dihinggapi kotoran dan debu. Ujung-ujungnya pemilik bisa keluar uang lebih banyak buat servis atau penggantian komponen baru.

Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, mengatakan, kotoran atau debu yang menempel pada as bisa menyebabkan sokbreker cepat rusak.

Baca juga: Buat yang Belum Tahu, Ini Alasan Mobil Sedan Jarang Punya Wiper Belakang

Ilustrasi cuci motorafifmotor.files.wordpress.com Ilustrasi cuci motor

Oleh karena itu, mencuci motor sehabis hujan merupakan waktu yang paling krusial untuk menghindari terjadinya kebocoran pada shockbreaker depan.

Hal ini lantaran, saat sokbreker sedang bekerja, debu tersebut akan ikut tergesek di antara as dan karet sil.

“Lama-kelamaan, karet sil akan rusak dan saat itulah oli di dalam sokbreker bisa keluar,” ucap Ribut kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mobil Diesel Diisi Pertamax, Akhirnya Diangkut Towing

Ilustrasi pengendara motor trail di AHM Safety Riding dan Training Centerastra-honda.com Ilustrasi pengendara motor trail di AHM Safety Riding dan Training Center

Sil sokbreker depan berfungsi untuk menjaga oli yang ada di dalam tabung sokbreker tidak merembes keluar.

Apabila sil sudah rusak dan oli merembes keluar, nantinya bisa menetes hingga ke bagian pengereman.

“Caranya mudah, cukup dibilas dengan air bersih, setelah itu dilap hinggal kering. Lakukan setiap habis melewati hujan,” ujar Ribut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.