Bahaya, Hindari Nyetir Mobil Transmisi Matik Pakai 2 Kaki

Kompas.com - 14/02/2022, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil dengan transmisi otomatis memang hanya memiliki dua pedal, gas dan rem. Berbeda dengan mobil transmisi manual yang punya pedal ketiga, yakni kopling yang dioperasikan oleh kaki kiri.

Walaupun mobil matik hanya memiliki dua pedal, bukan berarti kaki kiri digunakan untuk menginjak rem. Kaki kiri ketika mengemudikan mobil matik memang hanya tinggal diistirahatkan saja di foot rest.

Baca juga: Rencana Sistem Satu Arah di Jalan Daan Mogot, Tangerang

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, pedal yang ada di mobil matik hanya dioperasikan oleh kaki kanan saja, baik pedal gas maupun rem.

“Hal ini bertujuan agar lebih aman, karena bila pakai dua kaki pada mobil matik, maka ada kemungkinan saat mengerem kaki kanan masih injak pedal gas," kata Marcell kepada Kompas.com, belum lama ini.

Rem mobil matikStanly/Otomania Rem mobil matik

Mengerem menggunakan kaki kiri merupakan tindakan yang berbahaya terutama jika dilakukan di jlan raya.

Kaki kiri seseorang biasanya tidak lebih sensitif dibanding kaki kanan, sehingga rawan menginjak rem terlalu keras dan membuat mobil berhenti mendadak.

Baca juga: Catat, Ini 12 Ruas Tol yang Tarifnya Akan Naik di Kuartal I-2022

"Bisa saja kita menginjak pedal rem seperti kita menginjak pedal kopling, hingga menyebabkan mobil berhenti mendadak," ujar Marcell.

Jika dilakukan di jalan raya, tentu bisa menyebabkan tabrak belakang. Hal ini pastinya bakal merugikan diri sendiri dan membahayakan orang lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.