Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Honda CB150R Exmotion Dijiplak Motor China

Kompas.com - 13/02/2022, 12:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit publik Indonesia yang penasaran dengan Honda CB150R Exmotion. Motor yang hadir di pasar Thailand itu punya garis besar Neo Sport Cafe yang bergaya retro modern.

Kini desain motor sport nakes kelas 150cc yang sering dibicarakan tersebut dijiplak oleh pabrikan China, yaitu Haojian dengan menelurkan Haojian V8 150R.

Baca juga: Pengemudi Sulit Menghindar jika Kendaraan Ditabrak dari Belakang

 Haojian V8 150R jiplak desain Honda CB150R Exmotion Foto: Motosaigon/Greatbiker Haojian V8 150R jiplak desain Honda CB150R Exmotion

Mengutip Greatbiker, tampilan Haojian V8 150R bocor di dunia maya. Memperlihatkan sosoknya yang dapat dikatakan nyaris sama persis dengan motor pabrikan berlambang kepaka sayap tersebut.

Kemiripannya dapat dilihat dari bentuk lampu depan bulat dengan LED, kemudian bentuk tangki dan shroud tangki persis dengan CB150R Exmotion. Bedanya yaitu logonya tersemat V8 150R bukan CB150R.

Suspensi depan upside down berlabur warna emas yang mencolok dan monosok pada bagian belakang. Bagian tengah sampai belakang juga mirip, bahkan termasuk desain pelek yang serupa.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ngebut Sesekali Bikin Performa Mobil Tetap Prima?

Haojian V8 150R jiplak desain Honda CB150R Exmotion Foto: Greatbiker/Motosaigon Haojian V8 150R jiplak desain Honda CB150R Exmotion

Rem depan belakang sudah cakram, knalpot bentuk under belly buang tengah yang sporty, ban pakai profil 110/70-17 di depan dan 140/70-17 di belakang.

Tapi ada satu bagian yang berbeda yang membuatnya beda kelas. Haojian V8 150R mengusung mesin 150cc, satu silinder, SOHC 2 katup, berpendingin udara, berbeda dengan CB150R.

Meski demikian belum ada rincian soal tenaga dan torsi. Belum ada rician juga soal harga dan detail kapan motor akan resmi meluncur China. Termasuk apakah motor bakal dijual di negara lain atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com