Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2022, 15:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengakui bila tren pasar mobil bergenre sport utility vehicle (SUV) mengalami pertumbuhan yang pesat. Selain di Indonesia juga global.

Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM mengatakan, tren SUV sampai saat ini memang cukup baik, bahkan ke depannya akan terus digemari sebagai salah satu pilihan favorit.

"Data menunjukkan kenaikan SUV isitilahnya paling tinggi dibanding model-model yang lain, saya percaya tren ini akan terus berlanjut. Apalagi sekarang banyak brand-brand di Indonesia yang mengeluarkan produk untuk segmen SUV," ucap Amel kepada media saat konferensi pers secara virtual, Jumat (11/2/2022).

Baca juga: Januari 2022, Daihatsu Klaim Cetak Rekor Market Share Tertinggi

Lebih lanjut Amel mengatakan, dalam waktu dekat, produk SUV compact kembarnya, yakni Rocky dan Raize, juga akan mendapatkan rival baru dari salah satu kompetitor.

Terios 7 Wonders 2022 Eksplorasi KalimantanADM Terios 7 Wonders 2022 Eksplorasi Kalimantan

Kondisi tersebut, diklaim menjadi salah satu tanda bila memang SUV punya pasar yang menarik di Tanah Air.

Dengan banyaknya produk-produk SUV yang dihadirkan agen pemegang merek (APM) di Indonesia, bukan tidak mungkin nantinya kontribusi dari sisi penjualan nasional juga akan lebih tinggi.

"SUV tetap akan menjadi varian manis yang diluncurkan banyak brand, sehingga secara total kontribusi terhadap pasar Indonesia akan terus meningkat," kata Amel.

Baca juga: Daihatsu Daftarkan 51 Varian untuk Dapat Diskon PPnBM

Test Drive Daihatsu Rocky 1.2 L KOMPAS.com/STANLY RAVEL Test Drive Daihatsu Rocky 1.2 L

Melihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Januari 2022, tercatat segmen kendaraan yang mendominasi pasar adalah SUV yang diklaim terus meningkat dengan kontribusi 27 persen, setelah itu disusul niaga 26 persen, MPV 25 persen, LCGC 16 persen, dan city car tiga persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.