Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Komponen Percaya Era Elektrifikasi di Tanah Air Prospektif

Kompas.com - 11/02/2022, 09:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA), emiten komponen otomotif dalam negeri semakin serius menjajaki peluang bisnis di sektor kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Pasalnya, era elektrifikasi di Indonesia semakin berkembang positif walau pergerakkannya masih belum terlalu agresif. Tapi, antusiasme masyarakat sangat baik khususnya dalam suatu pameran.

Demikian dikatakan oleh Presiden Direktur DRMA Irianto Santoso dalam keterangan tertulis usai berpartisipasi di ajang Inabicycle Show X Fitamin Fair 2022 and The 30th Indonesia International Education, Traning & Scholarship Expo Indonesia Millenial Festival & Exhibition 2022.

Baca juga: Kementerian ESDM Targetkan 1.000 Unit Konversi Motor Listrik pada 2022

Ilustrasi kendaraan listrik(Dok. Shutterstock/ Smile Fight) Ilustrasi kendaraan listrik

"Kami memperkirakan tren ke arah kendaraan listrik sangat besar prospek pertumbuhannya. Dalam ajang terkait, jadi momentum DRMA untuk mengenalkan produk dan teknologi EV," ujarnya, Kamis (10/2/2022).

Adapun pada pameran yang dihelat di Jakarta Convention Center (JCC) pada 3-6 Februari 2022 lalu, perseroan memamerkan produk yang telah digunakan dalam kendaraan listrik seperti battery pack, E-Kit, sampai sepeda listrik.

DRMA berkolaborasi dengan komunitas Bike To Work agar suatu perkenalkan teknologi elektrifikasi ke masyarakat luas bisa optimal.

"Keikutsertaan DRMA yang diwakili anak usahanya, PT Dharma Control Cable Indonesia (DCI) dalam ajang tersebut merupakan pembuktian dari kesiapan DRMA dalam menyongsong era EV di Indonesia," kata dia.

"Pada pameran itu, kami menampilkan Bataraz battery pack and E-Kit dan sepeda listrik dengan brand Polimetal Raynor," lanjut Irianto.

Baca juga: Jangan Pernah Angkat Telepon Saat Mengemudi Mobil

Sepeda listrik dari DRMAdok.DRMA Sepeda listrik dari DRMA

Ia pun mengklaim bahwa antusiasme pengunjung terhadap produk DRMA sangat baik. Bahkan, sudah ada pemesannya terkhusus pada produk sepeda listrik Polimetal Raynor.

Selain battery pack, perseroan juga mulai memproduksi komponen lain yang digunakan dalam kendaraan listrik seperti chassis kendaraan yang menggunakan high-tensile steel, sensor-sensor, badan, sampai wiring harness.

"Kami juga memiliki kapasitas untuk memproduksi lightweight HSS dan mengembangkan HSS sebagai material body EV. Material HSS memiliki peran vital untuk mobil listrik karena jauh lebih ringan tapi kekuatannya sama atau bahkan lebih dibanding material mobil konvensional," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com