Marak Kasus Mobil Terbakar, Ingat Lagi Pentingnya Bawa APAR

Kompas.com - 09/02/2022, 19:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini terjadi kecelakaan tunggal satu unit Toyota Camry di kawasan Senen, Jakarta.

Menurut laporan Polda Metro Jaya, kecelakaan tersebut bermula saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi sampai menabrak separator busway hingga terbakar.

Akibatnya insiden tersebut, korban yang diketahui adalah anak Gubernur Kalimatan Utara Zainal Arifin Paliwang, AKP Novandi Arya Kharizman, tewas terjebak di dalam kendaraan hingga ikut terbakar.

Kejadian ini tentu menjadi pelajaran tersendiri bagi setiap pengguna kendaraan bermotor. Salah satu cara yang bisa dilakukan guna menghindari kebakaran besar pada kendaraan adalah menyertakan APAR di dalam mobil.

Baca juga: Ini 3 Faktor yang Bisa Bikin Mobil Terbakar

Pasalnya, insiden mobil terbakar bisa terjadi kapan saja. Tak hanya ketika mobil sedang digunakan, tapi saat sedang parkir pun bisa kejadian.

Saat ini aturan soal APAR sudah tercantum dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP 927/AJ 502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor yang ditetapkan pada 18 Februari 2020.

Kini, setiap mobil baru dari diler wajib dilengkapi dengan alat pemadam api ringan atau APAR sebagai standar.

alat pemadam api ringan (APAR) terpasang di dalam mobilEbay alat pemadam api ringan (APAR) terpasang di dalam mobil

Pemerhati masalah transportasi Budiyanto mengatakan, dengan adanya APAR di setiap mobil, kebakaran bisa dicegah agar tidak semakin meluas dan merembet ke bagian lainnya.

“Adanya APAR minimal kalau terjadi kebakaran ada tindakan yang cepat atau preventif sehingga kebakaran tidak menjalar yang lebih besar untuk menekan risiko yang lebih besar,” ucap Budiyanto beberapa waktu lalu.

Agar bisa digunakan saat keadaan darurat, sebisa mungkin APAR harus diletakkan di dekat pengemudi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.