Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Beragam Fitur All New Isuzu D-Max

Kompas.com - 09/02/2022, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Redaksi Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk mengetes All New Isuzu D-Max selama beberapa hari. Model yang resmi meluncur sejak GIIAS 2021 ini merupakan generasi terbaru dan dilengkapi berbagai fitur unggulan.

All New Isuzu D-Max juga sebenarnya ditujukan sebagai kendaraan kerja, seperti kendaraan operasional di tambang atau perkebunan. Oleh karena itu, berbagai fitur yang hadir pada Isuzu D-max ini disematkan agar semakin mumpuni di tempat kerjanya.

Fitur pertama yang menurut redaksi sangat bermanfaat adalah adanya Rear Differential Locker atau locker gardan belakang. Fitur ini baru bisa digunakan ketika D-Max dalam posisi penggerak 4L atau 4x4 dengan rasio rendah.

Baca juga: Spesifikasi Mesin All New Isuzu D-Max, Kecil Tapi Bertenaga

All New Isuzu D-MaxKOMPAS.com/DONNY All New Isuzu D-Max

Fungsi dari locker ini adalah mengirimkan tenaga yang sama ke kedua ban belakang. Jadi saat salah satu ban belakang selip, kemudian locker diaktifkan, tenaga akan disalurkan ke roda yang mendapatkan traksi, sehingga mobil bisa keluar dari kondisi tersebut.

Fitur ini pun sudah redaksi uji di Jeep Station Indonesia (JSI) Megamendung ketika melewati trak off road. Redaksi melewati rintangan jalan berundak yang tidak rata, salah satu ban belakang selip karena agak terangkat.

Ketika locker diaktifkan, D-Max dengan mudah melalui jalanan tadi dan melanjutkan ke rintangan selanjutnya. Jadi bisa dikatakan fitur ini sangat berguna, apalagi jika mobilnya digunakan pada kondisi jalanan yang ekstrem.

Baca juga: Jakarta PPKM Level 3, Ganjil Genap Masih Berlaku di 13 Titik

All New Isuzu D-MaxKOMPAS.com/DONNY All New Isuzu D-Max

Fitur selanjutnya adalah, D-Max sudah dilengkapi dengan under body protection yang melindungi komponen penting di kolong kendaraan. Jadi ketika mobil melewati jalanan ekstrem dan mentok dengan tanah, komponen mobil aman dari kerusakan karena dilindungi.

Selain itu, ada banyak fitur lainnya yang Isuzu klaim sudah sesuai dengan kebutuhan kendaraan di area tambang atau perkebunan. Misalnya seperti Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist.

Pikap kabin ganda ini juga dilengkapi dengan Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), dan Hill Descent Control (HDC).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com