Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Binjai-Stabat Resmi Beroperasi, Masih Gratis

Kompas.com - 05/02/2022, 07:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai-Stabat di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, pada Jumat (4/2/2022).

"Hari ini Tol Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai-Stabat sepanjang 11,8 kilometer telah siap dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran konektivitas," kata Jokowi dalam agenda peresmian tersebut, seperti dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (4/2/2022).

Tol Binjai-Stabat sendiri merupakan seksi 1 dari Jalan Tol Binjai-Langsa yang memiliki total panjang 131 km. Tol Binjai-Langsa terdiri dari 5 seksi, yakni seksi 1 (Binjai-Stabat) 11,8 km, dan seksi 2 (Stabat-Tanjung Pura) 26,71 km.

Baca juga: Sopir Truk Diancam Pistol dan Tongkat di Tol Cikampek, Ini Kata Polisi

Lalu seksi 3 (Tanjung Pura-P. Brandan) 18,98 km, seksi 4 (Pangkalan Brandan-Kuala Simpang) 44,24 km, serta seksi 5 (Kuala Simpang-Langsa) 29,18 km.

Ketika seluruh seksi tersebut sudah rampung dan resmi beroperasi, jalan tol ini akan jadi penghubung utama antara provinsi Sumatera Utara dengan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Tol Binjai-Stabat.Dok. PT Hutama Karya (Persero). Tol Binjai-Stabat.

Sebelum diresmikan, Tol Binjai-Stabat sudah lolos uji laik fungsi yang dilakukan pada 14-15 Januari 2022. Sementara itu, sertifikat laik operasi juga sudah terbit pada 28 Januari 2022.

Baca juga: Bocoran Insentif PPnBM 2022, Selektif untuk Mobil Rp 250 Juta ke Bawah

Masih dalam tahap sosialisasi, masyarakat bisa menggunakan Tol Binjai-Stabat tanpa dipungut biaya alias gratis. Namun pengguna tol tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik.

Dalam keterangan resminya, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto pun sudah menjelaskan mengenai penggratisan Tol Binjai-Stabat ini selama masa sosialisasi usai peresmian.

"Tol Binjai-Stabat sudah dapat dilintasi oleh masyarakat Binjai dan sekitarnya, dan belum ditetapkan tarif selama masa sosialisasi dengan tetap tapping menggunakan kartu uang elektronik," ucap Budi Harto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com