Kompas.com - 02/02/2022, 20:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Airbag pada mobil merupakan salah satu fitur keselamatan pengemudi dan penumpang. Fungsinya adalah untuk melidungi tubuh dari benturan, saat mobil mengalami kecelakaan.

Letaknya juga bermacam-macam, tergantung dari jenis atau model mobilnya. Umumnya, airbag ada di bagian depan kursi pengemudi dan kursi penumpang depan.

Ada juga airbag yang letaknya berada di sisi-sisi penumpang. Airbag ini hanya akan aktif tergantung dari benturan yang didapat mobil.

Misal, benturan terjadi di sebelah kiri, maka airbag samping yang akan mengembang hanya airbag kiri, dan sebaliknya.

Baca juga: Petani Asal Aceh Ini Ubah Yamaha Vixion Jadi Lamborghini

Karena letaknya yang berada di dalam interior mobil, seringkali pengguna kendaraan ini abai dengan kondisi airbag. Padahal, cara mengeceknya cukup mudah.

"Nanti dia akan muncul notifikasi, atau bahasa teknisnya DTC," kata Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) saat dihubungi Kompas.com, Rabu (2/2/2022).

Diagnosis Trouble Code atau DTC merupakan kode atau indikator adanya kerusakan pada komponen mesin mobil. Pada mobil-mobil saat ini, DTC ditampilkan di dasbor mobil.

Ilustrasi ledakan airbag di mobil.9news.com.au Ilustrasi ledakan airbag di mobil.

Saat ada kerusakan, indikator yang muncul biasanya berupa angka yang terdiri dari beberapa digit.

Gangguan pada airbag mobil jarang terjadi, namun pengguna tidak boleh abai, karena fitur ini menyangkut keselamatan berkendara.

"Sepanjang enggak muncul DTC atau keabnormalan, bisa dikatakan (airbag) siap atau masih berfungsi," jelas Bambang.

Baca juga: Update City Car Februari 2022, Suzuki Kerek Harga Ignis

Ia mengatakan, notifikasi atau indikator ini hanya akan muncul jika kabel atau sensor airbag bermasalah. Indikator ini letaknya di speedometer mobil.

Jika pengguna mobil mulai mendeteksi kerusakan pada bagian airbag, sebaiknya segera memeriksakan mobil ke bengkel. Karena, tidak hanya masalah di airbag, seringkali notifikasi DTC airbag dapat mengindikasikan adanya kerusakan lain pada komponen dalam mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.