Kompas.com - 02/02/2022, 12:02 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Sempat vakum beroperasi sejak September 2021, kini layanan bus kota Trans Sarbagita di Pulau Dewata, kembali beroperasi mulai hari ini, Rabu (2/2/2022).

Adapun penyetopan operasional bus tersebut dilakukan akibat pandemi Covid-19 di Bali. Layanan transportasi umum Trans Sarbagita pun terpaksa berhenti sementara hingga lima bulan lamanya.

Menyitat laman resmi Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali, Rabu, rapat koordinasi sejumlah pihak terkait sudah dilakukan dalam rangka mematangkan operasional Trans Sarbagita.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Marka Chevron di Jalan Tol

Komang Hartajaya, Kepala UPT Trans Bali/Trans Sarbagita, menuturkan bahwa persiapan pengaktifan kembali Trans Sarbagita sudah dilakukan terlebih dahulu guna bisa memberikan pelayanan maksimal.

"Dengan begitu masyarakat umum selaku pengguna jasa Trans Sarbagita bisa terlayani dengan baik dan merasakan manfaatnya," ucap Komang dalam keterangannya belum lama ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Angkutan Umum Trans SARBAGITA (@trans_sarbagita)

Ia juga menjelaskan bahwa pengemudi dan pramujasa yang bertugas di seluruh unit Trans Sarbagita sudah diberikan pelatihan dan pedoman agar sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Air Aki Botol Tutup Biru dan Tutup Merah

Pembaruan juga dilakukan dalam hal transaksi. Kini Trans Sarbagita melayani pembayaran secara nontunai. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali IGW Samsi Gunarta.

"Trans Sarbagita sudah mulai beroperasi kembali. Dan kami sudah memulai transaksi nontunai untuk memudahkan teman-teman pengguna Trans Sarbagita untuk bisa naik bus kembali dengan sehat dan tetap menjaga protokol kesehatan yang berlaku," kata Gunarta.

Tarif yang ditetapkan yakni sebesar Rp 3.500 untuk masyarakat umum. Sementara bagi pelajar dan mahasiswa digratiskan, cukup dengan menunjukkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa yang berlaku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.