Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengendara Motor Terpeleset Nyaris Tertabrak Truk

Kompas.com - 28/01/2022, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video di media sosial memperlihatkan pengendara sepeda motor yang berhasil lolos dari maut. Pengendara tersebut hampir saja terlindas truk besar yang melaju di belakangnya.

Dari video yang diunggah akun Instagram Dashcam Owners Indonesia, terlihat pengendara motor terpeleset di jalan basah. Adapun di belakangnya terdapat truk besar yang berjalan yang langsung mengerem.

Beruntung, usai jatuh, pemotor tersebut langsung sigap berdiri dan lari ke pinggir, sehingga tak tertabrak truk. Dalam penjelasan, video kejadian tersebut terjadi di Malaysia, tapi tidak diperinci waktu kejadian.

Baca juga: Jangan Sampai Mobil Kena Derek, Pahami Istilah Parkir dan Berhenti

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Melihat video tersebut merupakan pengingat buat pengendara motor untuk selalu waspada dalam berkendara di jalan basah dan licin. Terutama melakukan pengereman di jalan licin karena mudah terpelanting.

Agus Sani selaku Head of Safety Riding Promotion Wahana menjelaskan, tips menghadapi kondisi jalan licin bagi pengendara motor.

Agus Sani selaku Head of Safety Riding Promotion Wahana menjelaskan, kondisi jalan licin adalah momok buat pengendara motor karena itu mesti berhati-hati.

"Pengendara harus fokus melihat jauh ke depan agar dapat melihat objek atau potensi kecelakaan yang dapat terjadi seperti tumpahan minyak atau oli. Nah, ketika melewati jalan tersebut maka usahakan untuk tidak melakukan pengereman mendadak," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Telat Bayar Pajak Kendaraan Apakah Bisa Kena Tilang?

Fasilitas AHM Safety Riding dan Training Center di Bandung.astra-honda.com Fasilitas AHM Safety Riding dan Training Center di Bandung.

Jangan menggunakan rem depan apalagi secara mendadak. Sebab, penggunaan rem depan di jalan licin sangat berisiko membuat ban motor tergelincir.

"Gunakan rem belakang untuk memperlambat laju motor, lalu jaga keseimbangan apabila ban motor tiba-tiba mengalami selip akibat jalan licin tersebut," ucapnya.

Agus mengungkapkan bahwa umumnya pengendara bisa terjatuh ketika melewati jalan licin akibat tidak siap melakukan antisipasi sehingga mudah panik.

Saat dalam kondisi panik ini biasanya pengendara melakukan pengereman secara mendadak. Padahal, tindakan itulah yang membuat pengendara mudah jatuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com