Kreatif atau Keblinger, Pembalut Wanita buat Peredam Knalpot

Kompas.com - 27/01/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara Vespa klasik merupakan salah satu jenis anak motor yang paling kreatif atau kerap juga keblinger.

Buktinya, tidak jarang kita melihat kondisi yang tidak lazim, baik dari fisik, konstruksi sasis, kesehatan mesin, belum lagi bahas emisi gas buang nonstandar yang melekat pada komunitas vespa rongsok, begitu julukannya.

Kali ini, ibarat tak ada rotan akar pun jadi, busa buat peredam knalpot motor pakai pembalut wanita.

Seperti yang terlihat dalam video yang diunggah akun Instagram PX Serawung, terlihat alih-alih memakai glasswool pengendara Vespa klasik justru memakai pembalut wanita untuk bahan peredam.

Tak ayal video itu menuai beragam reaksi dari netizen dan banyak yang merasa terhibur. Tapi jika melihat fungsi, apakah pembalut wanita bisa menggantikan glasswool asli?

Baca juga: Apa Itu Water Hammer dan Bahayanya Bagi Mobil?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by VESPA PXSERIES ® (@pxserawung)

 

Edi Nurmato alias Abenk, produsen knalpot aftermarket Abenk Muffler asal Bogor, Jawa Barat, mengatakan, bisa saja memakai pembalut wanita buat peredam knalpot, tapi yang mesti dipertanyakan ialah daya tahannya.

"Itu sah-sah saja mau itu pakai pembalut wanita, pakai pampers atau pakai busa di dalamnya tidak masalah. Tapi kan tingkat keawetannya. Mau pakai busa cuci piring juga bisa, tapi kalau itu kan tidak bisa meredam," kata Abenk kepada Kompas.com, Rabu (26/1/2022).

"Intinya daya redam. Seperti tempat karaoke samping-sampingnya dipasang glasswool, atau kain dacron boleh saja. Tapi kalau di bidang knalpot, kalau seperti itu dipakai dari Jakarta-Bogor juga sudah abis, tidak tersisa," ungkapnya.

Baca juga: VW Optimis Penjualan Tahun Ini Naik 52 Persen

Glasswool knalpot sepeda motormotorplus-online.com Glasswool knalpot sepeda motor

Abenk mengatakan, padahal kalau dihitung harga glasswool bisa lebih murah ketimbang pembalut. Tapi hal itu sah saja jika memang saat kejadian kondisinya mendesak.

Melihat akun jual beli online harga pembalut yang dipakai di video yaitu Laurier Active Day Super Maxi Non Wings 30s seharga Rp 14.433.

"Harga glasswool, sama pembalut (pasti) lebih mahal pembalut," kata Abenk.

"Itu (pembalut) kualitasnya mirip glasswoll kuning. Kalau glasswool satuannya Rp 1000 kalau yang bagusan Rp 2.000 per lembar atau bungkusan. Kalau pembalut pasti di atas itu," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.