SPKLU Pertama di Bangka Belitung Resmi Beroperasi, Ini Lokasinya

Kompas.com - 27/01/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendukung program elektrifikasi Nasional melalui penggunaan kendaraan listrik, beberapa upaya terus dipersiapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Salah satunya dengan membangun beberapa Stasiun Pengisian kendaraan Listrik (SPKLU) di berbagai daerah.

Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman telah meresmikan SPKLU pertama di Kebulauan Babel pada Rabu (26/1/2022).

Baca juga: Estimasi Harga All New Honda HR-V

"Ini program ramah lingkungan yang kita dukung bersama. Bagi Bangka Belitung sendiri, elektrifikasi nasional sangat bermanfaat untuk perekonomian karena bahan bakunya banyak dari sini," kata Erzaldi seperti dikutip Kompas.com, Rabu (26/1/2022).

Erzaldi menuturkan, dukungan pemerintah daerah terhadap kendaraan listrik dilakukan dalam bentuk pembebasan pajak bea balik nama dan pendaftaran kendaraan baru.

Mobil listrik Lexus UX 300e saat melakukan pengisian daya di SPKLU.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Mobil listrik Lexus UX 300e saat melakukan pengisian daya di SPKLU.

"Ini SPKLU pertama di Babel, khususnya di Pulau Bangka. Kalau bisa nanti dibangun juga di Belitung bertepatan dengan momen pertemuan menteri G20," kata dia.

Sementara itu General Manager PLN UIW Kepulauan Bangka Belitung Amris Adnan mengatakan, SPKLU digunakan untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Baca juga: Pemerintah Mulai Uji Coba Bensin Sawit RON 115

"Ketersediaan SPKLU ini merupakan salah satu bentuk amanah dari Presiden kepada PLN, ini juga merupakan era untuk menciptakan lapangan kerja dan membuka usaha baru," ujar Amris.

Dengan semakin banyaknya kendaraan listrik, diharapkan beban emisi karbon kendaraan bermotor serta polusi udara dan suara dapat dikurangi.

SPKLU yang ada di Kepulauan Babel dikalim telah menggunakan sistem fast charging yang dapat mengisi baterai kendaraan listrik dengan cepat.

"Ini SPKLU fast charging tipe 50 kW, setiap kendaraan cukup mengisi 50 menit dari nol hingga baterai terisi penuh," ungkap Amris.

Pengisian cepat itu berlaku untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain di SPKLU, pemilik kendaraan listrik juga bisa mengisi daya baterai di rumah masing-masing. Hanya saja waktunya menjadi relatif lebih lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.