Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Truk Punya Fitur Lift Axle, Roda yang Terangkat Saat Berjalan

Kompas.com - 26/01/2022, 12:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam beberapa kesempatan ketika melaju di jalan raya, terkadang ditemukan beberapa truk yang salah satu sumbu rodanya terangkat.

Roda tersebut menggantung dan bannya tidak menyentuh permukaan jalan. Umumnya pemandangan ini bisa ditemukan pada truk pengangkut BBM milik Pertamina.

Roda yang terlihat menggantung itu disebut sebagai lift axle. Fitur ini umum ditemukan pada jenis-jenis truk tertentu. Sumbu roda yang dipasangi fitur lift axle hanyalah roda tandem atau pendukung, bukan roda penggerak.

Oleh karena itu, pemasangan lift axle hanya bisa dilakukan pada truk-truk dengan multi-axle atau bersumbu roda banyak seperti jenis tronton dan trailer.

Baca juga: Skema Kredit Motor Baru Yamaha Fazzio, Mulai Rp 1 Jutaan

Misalnya pada truk dengan trailer yang memiliki total empat sumbu roda. Ketika fitur lift axle diaktifkan, ada satu sumbu roda yang terangkat sehingga hanya tiga poros roda yang aktif.

Ilustrasi lift axle pada trukRick Weber Ilustrasi lift axle pada truk

Prinsip cara kerja lift axle memanfaatkan kantung suspensi udara, pegas baja, dan mekanisme kompresi. Saat lift axle diaktifkan, udara dalam salah satu kantung suspensi dialirkan ke kantung lainnya. Dengan bantuan pegas, sumbu roda tersebut akan terangkat.

Bambang Widjanarko selaku Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menjelaskan, fitur lift axle ini berguna untuk menghemat ban dan bahan bakar truk.

Baca juga: Cara Tambal Ban Tubeless Model Tusuk Ternyata Tidak Disarankan

Sebab ban yang menggantung tidak menyentuh permukaan jalan sehingga lebih awet dan tidak cepat aus. Dengan kata lain, fitur ini bisa memperpanjang usia pakai ban. Lalu dengan berkurangnya total hambatan gulir ban, konsumsi bahan bakar pun jadi lebih irit.

Meski begitu, Bambang menjelaskan bahwa fitur lift axle hanya akan efektif pada truk dengan sistem mengangkut muatan saat berangkat dan pulang dengan muatan kosong.

Truk pengangkut BBM milik Pertamina yang menggunakan lift axle Truk pengangkut BBM milik Pertamina yang menggunakan lift axle

"Teknologi ini mahal harganya. Truk yang lebih menguntungkan pakai lift axle adalah truk yang perginya bawa muatan, pulangnya kosong. Saat bermuatan, semua sumbu roda bekerja menopang kendaraan. Saat kosong muatan, salah satu sumbu rodanya diangkat. Toh bebannya tidak maksimal," kata Bambang kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ketahui Lagi Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Jalan Tol

Ia mengatakan, untuk truk-truk yang beroperasi dengan mengangkut muatan milik klien, fitur lift axle jadi mubazir karena truk-truk tersebut selalu berjalan membawa muatan demi efektifitas pekerjaan.

Bambang pun menambahkan, selain truk pengangkut BBM milik Pertamina, truk dengan teknologi lift axle bisa ditemukan pada truk milik pabrik rokok, pabrik elektronik, dan truk-truk yang hanya mengangkut barang milik sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com