Bahas Performa Suzuki Gixxer SF 250, Mesin 1 Silinder Overbore 250 cc

Kompas.com - 25/01/2022, 20:11 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comSuzuki Gixxer SF 250 yang meluncur November 2021, mengusung mesin yang berbeda dibandingkan kompetitor di kelasnya. Bisa dibilang, Gixxer SF 250 mengusung mesin yang terbilang sederhana dibandingkan para pesaingnya.

Pertama, motor ini mengusung mesin satu silinder 250 cc, yang bisa dibilang cukup tertinggal dari merek lain. Tercatat, tinggal Kawasaki Ninja 250 SL saja yang turut mengusung single silinder. Sementara motor 250 cc lainnya sudah 2-silinder, bahkan 4-silinder.

Kemudian, motor ini juga masih memakai sistem pendinginan udara, dengan tambahan oil cooler. Tapi oil cooler-nya ini dibuat lebih canggih oleh Suzuki, yang diberi nama SOCS (Suzuki Oil Cooling System).

Baca juga: Skema Kredit Motor Baru Yamaha Fazzio, Mulai Rp 1 Jutaan

Jadi sistem ini memiliki oil jacket atau jalur oli di sekitar kepala silinder. Ketika mesin telah membaca suhu cukup panas, oli yang dingin itu akan bersirkulasi di seputar kepala silinder untuk mendinginkan suhu mesin.

Secara performa pendinginan, rupanya teknologi ini sudah sangat membantu. Saat kami coba melaju di jalur perkotaan yang padat dan macet, tidak ada rasa panas di sekitar paha.

Bahkan setelah dipakai macet-macetan, yang biasanya mesin sudah sampai dalam tahap panas sekali, hawa mesin yang panas tidak terasa dan tampaknya langsung hilang.

Baca juga: Plus Minus Sistem Penggerak Mobil FWD dan RWD

Suzuki Gixxer SFKOMPAS.com/ADITYO WISNU Suzuki Gixxer SF

Entah berkat teknologi tersebut, atau karena desain fairing yang bisa segera mengusir panas dari sektor mesin.

Di atas kertas, Gixxer S F250 mengusung mesin 250 cc, 1-silinder SOHC Fuel Injection. Dengan bore x stroke 76 mm x 54,9 mm mampu menghasilkan tenaga 26,5 PS atau setara 24 tk pada 9.000 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 7500 rpm.

Saat dinyalakan, mesin mengeluarkan suara langsam yang halus dan cukup ngebass, begitu juga saat melaju pada putaran rendah. Apalagi knalpot mengusung silincer dengan dua lubang pembuangan.

Baca juga: Mengapa Posisi Ban Harus Lurus Saat Mobil Parkir

Suzuki Gixxer SF 250KOMPAS.com/ADITYO WISNU Suzuki Gixxer SF 250

Begitu digeber, seperti karakter mesin 1-silinder, suaranya terdengar agak kasar di putaran atas. Selain itu, terdengar juga suara ngorok seperti udara yang tersedot ke dalam boks filter udara, saat melakukan akselerasi kuat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.