Agar Tidak Salah Keluar Pintu Tol, Perhatikan Hal ini

Kompas.com - 23/01/2022, 12:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan jalan tol yang semakin banyak di Indonesia membuat pengemudi memanfaatkannya untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan mempersingkat waktu perjalanan.

Pada saat mengemudi di jalan tol, banyak faktor yang perlu diperhatikan salah satunya yakni rute yang akan di ambil.

Baca juga: Jadi LSUV Terlaris 2021, Toyota Rush Bekas Dijual Mulai Rp 90 Jutaan

Hampir semua pengemudi pernah mengalami salah keluar pintu tol. Mulai yang pintu tol yang terlewat atau salah baca rambu penunjuk jalan. Alhasil, perjalanan harus putar balik sampai cari jalan alternatif.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan ada banyak faktor yang membuat pengemudi lupa dengan pintu keluar tol yang dituju. Salah satunya adalah kurang konsentrasi dan tidak memperhatikan rambu.

Gerbang Tol Ngemplak di ruas Tol Solo-Ngawi.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Gerbang Tol Ngemplak di ruas Tol Solo-Ngawi.

"Kadang karena terlena dengan kecepatan, pengemudi selalu mengambil lajur kanan sehingga tanpa sadar terlewat pintu keluar tol yang dituju," kata Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Agar tidak salah keluar pintu tol, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengemudi. Salah satunya yakni merencanakan perjalanan sebelum berangkat.

Baca juga: Toyota Indonesia Tanggapi Inden Land Cruiser 300 Sampai 4 Tahun

Pastikan lakukan perencanaan rute mana yang akan dilalui. Dengan memahami rute dan daerah tujuan maka hal seperti terlewat pintu tol tidak akan terjadi.

Kedua, pastikan selalu memperhatikan rambu informasi arah jalan, jangan sampai ada distraksi saat mengemudi.

Sebelum pintu tol tentu akan ada rambu pengingat yang menunjukkan informasi mengenai jalur yang harus diambil. Pastikan untuk konsentrasi dan memahami rambu yang ada di jalan tol.

Suasana di exit Tol Pandaan, Jumat (6/5/2016). Arus kendaraan di Tol Gempol menuju Pandaan itu mengalami kepadatan memasuki hari kedua libur panjangKOMPAS.com / Andi Hartik Suasana di exit Tol Pandaan, Jumat (6/5/2016). Arus kendaraan di Tol Gempol menuju Pandaan itu mengalami kepadatan memasuki hari kedua libur panjang

Selanjutnya, pengemudi dapat menggunakan aplikasi tambahan seperti Google Maps atau Waze untuk menginformasikan kapan kita harus keluar tol.

Akan tetapi, pada saat menggunakannya disarankan untuk tidak terlalu sering melihat ke aplikasi, lebih aman gunakan perintah suara ketimbang melihat ke ponsel.

Baca juga: Ganti Warna Cat Kendaraan, Ini Syarat dan Biaya Urus STNK Baru

Kemudian, jika sudah terlanjur terlewat, keluar di pintu tol berikutnya dan cari jalur baru. Jangan pernah mundur kembali di pinggir tol, bahkan untuk memutuskan berhenti di tengah jalan. Aksi ini berbahaya bagi diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.