Viral, Pemotor Tegur Pengemudi Mobil yang Merokok di Jalan Raya

Kompas.com - 20/01/2022, 18:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video pengendara motor yang terlihat kesal dan mengumpat setelah matanya terkena abu rokok milik seorang pengendara mobil.

Kejadian itu diunggah oleh salah satu akun Instagram bernama @merekamjakarta pada Kamis (20/1/2022).

Dalam rekaman tersebut terlihat pengendara motor yang mengejar satu unit mobil berwarna hitam. Pemotor itu pun langsung mengetuk kaca mobil dan menegur pengemudi mobil tindakannya mengemudikan mobil sambil merokok.

Namun, pengemudi mobil tersebut justru mengelak dan mempertanyakan bukti bahwa dirinya merokok.

“Di video pas kaca masih ketutup, keliatan dia merokok. Pas dia bilang mana buktinya, itu rokoknya dia umpetin,” tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Baca juga: Lakukan Ini bila Melihat Orang Naik Motor Sambil Merokok

Pemerhati masalah transportasi, yang juga merupakan Mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Budiyanto mengatakan, pengguna jalan yang merasa terganggu seharusnya melaporkan kepada petugas terdekat atau sebelumnya mencatat nomor polisi untuk segera dilaporkan kepada petugas.

“Menegur dengan cara membentak dan tidak mengindahkan etika dikhawatirkan akan menimbulkan konflik baru,” ucap Budi saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Lewat Kamera (@merekamjakarta)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sonny Susmana menambahkan, bahaya yang utama merokok saat berkendara adalah soal abu rokok yang bisa terbang tanpa arah dan berpotensi merusak mata.

“Mirisnya, meski sudah sering terjadi kasus yang fungsi matanya hampir hilang karena terkena abu rokok di jalan, tidak membuat pemotor yang merokok jera,” ujar Sony.

Maka dari itu Sony menyarankan, pengendara motor menggunakan helm full face saat berkendara. Ini dilakukan guna menghindari abu rokok yang bisa masuk ke mata.

Baca juga: Kejadian Lagi, Pemotor Kecelakaan di Flyover Pesing

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.