Mengenal Baut Bentuk Bintang di Motor

Kompas.com - 20/01/2022, 15:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Baut alias sekrup banyak terdapat pada sepeda motor. Bentuknya macam-macam, mulai dari baut plus dan min, baut segi enam dan baut segi enam dalam atau baut L.

Tapi kini mulai banyak yang memakai baut seperti bentuk bintang. Model baut seperti ini kerap dipakai di merek asal Eropa semisal BMW dan Amerika Serikat yaitu Harley-Davidson.

Mengutip Ride-Hi, baut seperti ini disebut baut Torx. Nama umum baut ulir ini disebut hexalobular internal atau disebut juga hex lobe yang artinya enam tonjolan atau daun telinga.

Baca juga: Tak Tertib Lalu Lintas Termasuk Jadi Alasan Motor Dilarang Lewat JLNT

Kini mulai banyak motor yang memakai baut seperti bentuk bintang.Foto: Ride-Hi Kini mulai banyak motor yang memakai baut seperti bentuk bintang.

Kelebihan hex lobe ialah lebih presisi dibandingkan baut tipe lain. Sehingga mudah saat buka atau pasang.

Dengan bentuk seperti bintang, kunci akan memegang kuat baut sehingga tidak mudah terlepas. Keunggulan lainnya ialah gaya putar baut dipusatkan di tengah, sehingga baut dapat dikencangkan dengan kuat.

Namun baut seperti ini perlu kunci khusus yang disebut kunci Torx. Bahkan nama "Torx" terdaftar dalam merek dagang yang dikembangkan Textron Kamker asal AS pada 1967 oleh Accument.

Baca juga: Pelat Dewa Banyak yang Melanggar Ganjil Genap, Ini Denda Tilangnya

Kini mulai banyak motor yang memakai baut seperti bentuk bintang.Foto: Ride-Hi Kini mulai banyak motor yang memakai baut seperti bentuk bintang.

Kelemahannya ialah hex lobe belum terlalu populer dan tidak bisa dibuka dengan kunci lain. Kemudian ukurannya mesti sesuai karena kalau tidak lubang bisa slek dan merusak sekrup.

Karena itu Ride-Hi menyarankan jika memiliki baut jenis ini baiknya punya satu set kunci. Jangan beli satuan karena jika ukurannya salah atau kurang tepat bakal merepotkan.

Di BMW, Torx atau hex lobe ini digunakan di berbagai jenis motor mulai jadi jenis touring dan supersport.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.