Mercedes-Benz Mengaku Unggul dari BMW, tapi Data Berkata Lain

Kompas.com - 20/01/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan sektor otomotif roda empat di dalam negeri sepanjang 2021 juga dirasakan oleh segmen kendaraan premium, yang berasil naik hingga 22,5 persen dari tahun sebelumnya.

Kondisi ini seiring dengan membaiknya kasus pandemi Covid-19, sehingga membuat pabrikan mampu melaksanakan aktivitas bisnis lebih baik, mulai impor kendaraan hingga daya beli konsumennya.

Adapun total pasar mobil mewah di Indonesia pada periode terkait, menurut data penjualan resmi yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ialah sebesar 6.797 unit.

Baca juga: Pertumbuhan Kendaraan Elektrifikasi Naik Dua Kali Lipat Lebih pada 2021

Mobil BMW M5 Competition saat peluncuran di Jakarta, Jumat (17/9/2021). BMW M5 Competition adalah mobil sport dengan empat-pintu dari BMW M GmbH yang menggunakan mesin V8 sehingga mampu menghasilkan output maksimal 625 hp pada 6.000 rpm menjadikan mesin ini paling kuat dalam sejarah model BMW M5 dan ditawarkan dengan harga Rp. 4.789.000.000 (off-the-road).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Mobil BMW M5 Competition saat peluncuran di Jakarta, Jumat (17/9/2021). BMW M5 Competition adalah mobil sport dengan empat-pintu dari BMW M GmbH yang menggunakan mesin V8 sehingga mampu menghasilkan output maksimal 625 hp pada 6.000 rpm menjadikan mesin ini paling kuat dalam sejarah model BMW M5 dan ditawarkan dengan harga Rp. 4.789.000.000 (off-the-road).

Dari data itu, BMW lagi-lagi berhasil mengukuhkan diri sebagai merek terlaris, baik pada distribusi dari pabrik ke diler (wholesales) maupun penjualan ritel.

Lebih terperinci, wholesales jenama asal Jerman tersebut sepanjang Januari-Desember 2021 ialah 2.389 unit atau naik 20,5 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara penjualan ritel juga naik 17 persen menjadi 2.433 unit.

Dengan capaian positif itu, BMW menempati posisi 15 dalam hal klasemen penjualan ritel dan wholesales di Indonesia pada tahun lalu.

Penjualan BMW di pasar domestik, dibantu oleh segmen sports activity vehicle (SAV), yang berkontribusi 54 persen terhadap total penjualan. Modelnya ialah X1, X3, dan X3.

"BMW Group Indonesia mencatatkan pertumbuhan penjualan yang luar biasa pada tahun 2021 dan kami sangat bangga atas pencapaian ini," kata Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia, dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Mulai Ditilang, Ini Jenis-jenis Pelat Nomor Dewa di Indonesia

long touring pecinta Mercedes-Benz G Class, dari klub Mercedes Jip Indonesia (MJI)istimewa long touring pecinta Mercedes-Benz G Class, dari klub Mercedes Jip Indonesia (MJI)

Menyusul pada posisi kedua merek otomotif premium terlaris di Indonesia, ditempati oleh rival BMW, yaitu Mercedes-Benz dengan catatan penjualan wholesales 2.096 unit (naik 24,5 persen) dan ritel 2.193 unit (naik 22,8 persen).

Namun, dalam catatan resmi ini, capaian tersebut belum termasuk dengan total penjualan pada Desember 2021 karena tertulis masih nihil. Tak diketahui alasannya, tetapi besar kemungkinan karena keterlambatan menyetor data.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.