Ini Alasan Mengapa Jumlah Baut Pelek di Mobil Tidak Sama

Kompas.com - 19/01/2022, 17:01 WIB
Ban mobil Mitsubishi Xpander KOMPAS.com/RulyBan mobil Mitsubishi Xpander

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah baut dan ukuran pelek tiap mobil bisa berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh perbedaan dimensi bobot, hingga tenaga yang dimiliki kendaraan bermotor.

Ada yang menggunakan tiga baut, empat baut, lima baut, bahkan sampai delapan baut ke atas.

Pemilik Permaisuri Ban Wibowo Santosa mengatakan, jumlah baut pada pelek mobil tergantung pada beban dan tenaga yang dihasilkan.

Oleh sebab itu, biasanya mobil kecil hanya pakai tiga sampai empat baut saja. Sedangkan truk, yang bebannya lebih besar sampai delapan baut ke atas.

Baca juga: Agar Tak Tertipu, Tips Aman Beli Pelek Mobil Bekas

Pelek juga memiliki load rate atau batas atas beban yang bisa ditampung. Jika tidak sesuai, maka akan membuat performa kendaraan serta kenyamanan berkendara tidak optimal,” ujar Wibowo belum lama ini kepada Kompas.com.

Wibowo melanjutkan, Hal ini juga berlaku untuk ban yang terpasang. Beban berpengaruh pada komponen kaki-kaki tersebut.

Ilustrasi Pelek Ban MobilKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi Pelek Ban Mobil

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, turut mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, selain berkaitan dengan estetika kendaraan itu sendiri, pemasangan baut pada pelek juga tergantung pada beban mobil.

Baca juga: Pelat Dewa Kini Tak Sakti Lagi, Kena Razia Ganjil Genap hingga Lampu Rotator

Artinya, semakin banyak baut yang terpasang maka akan semakin kuat pula kendaraan tersebut bisa mengangkut beban.

“Performa kendaraan ada kaitannya dengan bobot kendaraan itu sendiri (semakin besar maka tenaga semakin lemah). Begitu juga dengan ukuran pelek, semakin besar maka semakin berat untuk angkatan pertamanya,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.