Motor Custom BMW R18 M, Cruiser tapi Sporty

Kompas.com - 17/01/2022, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW R18 jadi motor yang menarik banyak perhatian para pencinta roda dua saat pertama kali meluncur. Selain karena kapasitas mesinnya yang besar, desainnya juga kental dengan aura klasik.

BMW membuat motor ini dengan bergaya cruiser. Tapi, di tangan bengkel motor custom asal Italia, American Dreams of Lobardia, motor ini berubah jadi lebih sporty.

Baca juga: Ganti Kulit, BMW R18 Custom Bergaya Cafe Racer

Dikutip dari Paultan.org, Senin (17/1/2022), motor tersebut diberi julukan R18 M. Motor ini merupakan hasil proyek kerja sama dengan majalah asal Italia, yakni LowRide.

Motor custom BMW R18 MDok. Paultan.org Motor custom BMW R18 M

Kode M sendiri biasanya digunakan untuk mobil BMW yang memiliki performa tinggi yang menjadi produk dari divisi motorsport BMW. Sebelumnya, kode M juga digunakan pada motor superbike BMW, yakni M1000RR.

Desainnya sendiri dibuat oleh seniman terkenal, yakni Oberdan Bezzi, yang sering kali membuat gambar render sepeda motor.

Baca juga: 2 Varian Baru, BMW R18 Transcontinental dan R18B Bagger Meluncur

Pengerjaan motor ini fokus pada sasis, setelah suspensi, dan bodi standar R18. American Dreams membuat motor ini jadi lebih ringan dan posisi berkendara yang berbeda.

Motor custom BMW R18 MDok. Paultan.org Motor custom BMW R18 M

Sementara untuk sisi mekanis dan elektronik, tetap dibiarkan standar apa adanya. Hasilnya, lekuk bodi R18 M jadi lebih agresif dan sporty.

Agar dapat menikung lebih rebah, bagian knalpotnya diganti dengan ER Exhaust Revolution yang ukurannya lebih pendek. Buritannya dibuat lebih panjang dan berfungsi sebagai sepatbor.

Beberapa bagian dilindungi oleh cover bodi dari carbon, seperti pelindung head cylinder dan lubang intake. Sedangkan aksesori lainnya, mengandalkan keluaran Rizoma, mulai dari spion, handgrip, dan panel meter.

Motor custom BMW R18 MDok. Paultan.org Motor custom BMW R18 M

Sentuhan terakhir adalah cat dan kursinya yang membuat tampilannya semakin senada dengan BMW M 1000 RR. Catnya dikerjakan oleh Dox Art Factory dan joknya dipercayakan pada L R Leather.

Di Indonesia, PT Maxindo Moto Nusantara alias BMW Motorrad Indonesia membanderol R18 dengan harga Rp 969 juta (off the road).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.