Kompas.com - 15/01/2022, 17:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi pelek mobil menjadi salah satu opsi yang mudah untuk mempercantik tampilan mobil. Di samping warnanya beragam, produsen pelek juga menyediakan berbagai model.

Founder Karma Bodykit Kiki Anugraha menjelaskan, saat ini model pelek yang disediakan oleh produsen sangat beragam. Pengguna mobil bisa memilih sesuai dengan eksterior mobilnya.

"Untuk pelek beraneka ragam. Disesuaikan kembali dengan konsep dan warna mobil," ujar Kiki saat dihubungi Kompas.com, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Pelek Ini Diklaim Punya Desain Timeless

Ia melanjutkan, ada tiga model pelek yang masih diminati pengguna mobil hingga saat ini.

"Contoh pelek yang dari dulu sampai sekarang masih diminati, model palang lima, model jari-jari dan model jaring," kata dia.

Pelek palang lima termasuk ke dalam jenis pelek iron cast wheel atau pelek racing. Serupa dengan pelek alloy wheel, namun bahannya lebih kokoh dan kaku karena dibuat menggunakan besi cair yang dituang ke dalam cetakan.

Pelek HRN MH dari HSR WheelHSR Wheel Pelek HRN MH dari HSR Wheel

Baca juga: Cara Memilih Pelek Aftermarket Agar Tatap Aman dan Nyaman

Model ini kuat menopang kendaraan, serta kemungkinan pelek rusak atau bengkok cukup rendah. Jenis pelek yang serupa dengan iron casting wheel adalah alloy wheel.

Selain itu, yang membedakan iron cast wheel dengan alloy wheel adalah bahan dasarnya. Menyitat situs Garasi, alloy wheel menggunakan campuran alumunium dan logam, sehingga pelek kuat namun lebih memiliki bobot yang lebih ringan.

Pelek palang lima membuat mobil terlihat lebih sporty. Pilihan model dan warna yang disediakan juga banyak.

"Saya selaku produsen pelek berinovasi dari pattern tersebut, di desain yang lebih kekinian. Contohnya, jari-jari tapi agak melintir, lalu permainan lips," ucap Kiki.

Sedangkan pelek model jari-jari dan model jaring termasuk ke dalam jenis spoke wheel. Pelek ini terdiri dari rangkaian baja yang disusun, berbeda dari pelek racing yang terdiri dari beberapa palang kokoh. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.