Bicara Opsi Platform TNGA-F Land Cruiser Dipakai Produk Lain Toyota

Kompas.com - 14/01/2022, 11:22 WIB
Peluncuran All New Toyota Land Cruiser dan New Toyota Fortuner KOMPAS.com/Aprida Mega NandaPeluncuran All New Toyota Land Cruiser dan New Toyota Fortuner

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi menghadirkan All New Land Cruiser ke Indonesia, pada Kamis (13/1/2022).

All New Land Cruiser merupakan generasi terbaru yang melanjutkan Land Cruiser 200 (LC 200). Semua komponen berubah pada generasi terbaru ini atau bisa disebut LC 300.

Salah satu ubahan paling besar adalah penggunaan platform TNGA-F yang secara global baru dipakai oleh tiga model saja, yakni Toyota Land Cruiser, Lexus LX, dan Tundra, model terakhir hanya dipasarkan di Amerika Serikat.

Baca juga: Bisa Parkir, Syarat Utama buat Pengemudi Mobil

Fumitaka Kawashima, Marketing Director TAM mengatakan, TNGA-F memang dirancang khusus untuk digunakan di mobil berkonstruksi ladder frame.

Meski begitu, ia tak menampik bahwa bisa saja ke depannya TNGA-F akan muncul pada produk-produk Toyota lainnya yang menggunakan konstruksi ladder frame.

LC300Kompas.com/AdityoWisnu LC300

“Kami terus mempelajari keinginan konsumen. Jika memang diperlukan, ke depannya kami akan mempertimbangkan menambah produk yang menggunakan sasis TNGA-F,” ucap Kawashima dalam acara peluncuran, Kamis (13/1/2022).

Untuk diketahui, saat ini ada tiga produk Toyota yang menggunakan sasis ladder frame, yakni Toyota Hilux, Toyota Innova dan Toyota Fortuner.

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Spoiler Sebelum Dipasang di Mobil

Jadi, bukan hal yang tidak mungkin jika ketiga produk tersebut bakal dibekali dengan sasis TNGA-F. Terutama untuk Toyota Innova dan Fortuner yang memiliki pasar yang cukup besar di Indonesia.

Namun, hal itu sepertinya belum akan direalisasikan dalam waktu dekat.

“Sampai saat ini, Toyota sendiri belum punya rencana untuk melakukan demikian. Seperti yang saya ucapkan, kalau memang dibutuhkan kami akan mempertimbangkan adopsi sasis TNGA-F di lini produk kami yang lain,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.