Jangan Asal Pasang, Ini Perbedaan Wings dan Spoiler Mobil

Kompas.com - 13/01/2022, 18:36 WIB
Modifikasi Porsche Karma x CRK membuat perhatian dunia internasional ke Indonesia berkat kualitas bodykit Karma Kompas.com/Setyo AdiModifikasi Porsche Karma x CRK membuat perhatian dunia internasional ke Indonesia berkat kualitas bodykit Karma

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun terlihat serupa, wings dan spoiler merupakan dua komponen mobil yang memiliki fungsi berbeda.

Secara umum, wings dan spoiler berguna untuk memberikan tekanan pada mobil atau downforce. Ini membuat traksi pada ban mobil bertambah.

Namun, wings akan berfungsi optimal jika dipasangkan pada mobil balap ataupun mobil yang dipakai untuk melaju di sirkuit, bukan mobil yang dipakai harian.

Baca juga: Tren Modifikasi Mobil 2022, Bodykit Tak Sekadar Fashion

Wings berguna untuk membuat mobil tetap stabil walaupun melaju dalam kecepatan tinggi, karena grip dari ban ke aspal terbantu oleh tekanan dari wings. Jika dipasangkan pada mobil biasa, wings justru akan menambah kinerja mesin.

Ini disebabkan oleh ukuran wings yang jauh lebih besar dibandingkan spoiler. Beban yang melebihi kapasitas mobil ini dapat menurunkan performa mesin.

Jika ingin memasang aksesoris tambahan untuk mobil harian, maka spoiler bisa jadi alternatif yang tepat. Selain berukuran lebih kecil, spoiler juga bisa memberikan downforce yang serupa namun tidak seberat wings.

Ilustrasi spoiler belakang.seriouswheels.com Ilustrasi spoiler belakang.

Baca juga: Sudah Tahu Apa Fungsi Spoiler Mobil, Selain demi Penampilan?

Spoiler pada mobil juga bisa mengurangi efek 'melayang' ketika mobil sedang melaju dalam kecepatan yang tinggi.

Founder Karma BodyKit Kiki Anugraha menjelaskan, kegunaan wings lebih kepada kebutuhan aerodinamika mobil ketimbang gaya.

"Angin (yang diarahkan wings) bisa diarahkan ke sektor-sektor yang kegunaannya untuk mendinginkan, contohnya ke arah rem, intercooler, dan sebagainya," ujar Kiki pada Kompas.com, Rabu (12/1/2022).

Harga pemasangannya pun berbeda-beda, tergantung kebutuhan dan jenis mobilnya. Kiki menjelaskan, harga bodykit bervariasi tergantung bahan, merk dan mobil yang digunakan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.