Kompas.com - 10/01/2022, 18:41 WIB
Jalan Teuku Umar di Meulaboh terkena ceceran oli yang menyebabkan sejumlah pengendara motor berjatuhan, Senin (28/3/2016). KOMPAS.COM/ RAJA UMARJalan Teuku Umar di Meulaboh terkena ceceran oli yang menyebabkan sejumlah pengendara motor berjatuhan, Senin (28/3/2016).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tumpahan oli atau solar di permukaan jalan merupakan momok pengendara motor. Pemotor yang tidak awas dapat dengan mudah terpeleset dan kecelakaan.

Lantas jika menemukan hal tersebut langkah apa yang mesti dilakukan?

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, penting untuk mengetahui saat berkendara maka mata harus memandang jauh ke depan.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp 60 Jutaan, dari LCGC sampai SUV

Oli Tumpah di Jalan Letjend Suprapro, Jakarta Pusat, Rabu (25/7/2019).CYNTHIA LOVA Oli Tumpah di Jalan Letjend Suprapro, Jakarta Pusat, Rabu (25/7/2019).

Tujuan mata memandang ke depan agar pengendara bisa punya waktu dan bisa mengantisipasi segala sesuatu di depannya termasuk tumpahan oli.

Jika sudah seperti langkah yang tepat ialah menghindari tumpahan oli atau solar. Tapi jika tidak bisa maka yang terpenting jangan melakukan pengereman.

"Saat kita berkendara lalu tiba-tiba di depan jalan ada tumpahan oli atau solar maka cara yang paling aman adalah jangan panik dengan tiba-tiba mengerem mendadak," ungkap Agus kepada Kompas.com, Senin (10//1/2022).

Baca juga: Dampak Buruk Mobil Mesin Diesel Sering Minum Solar Kualitas Rendah

Oli Tumpah di Jalan Letjend Suprapro, Jakarta Pusat, Rabu (25/7/2019).CYNTHIA LOVA Oli Tumpah di Jalan Letjend Suprapro, Jakarta Pusat, Rabu (25/7/2019).

"Jadi usahakan untuk tetap tenang dan fokus pada rute yang akan kita lalui, kurangi kecepatan dengan menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan," katanya.

Setelah itu usahakan arah masuk motor tegak lurus, tidak sedang belok atau lainnya.

"Usahakan agar posisi motor tetap tegak lurus, paling penting adalah tetap menjaga keseimbangan sepeda motor agar tetap bisa berjalan," ungkap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.